Kebakaran Hutan di California 77 Orang Tewas, 993 Lainnya Masih Hilang

Total jumlah korban tewas kebakaran hutan paling mematikan dan menghancurkan dalam sejarah California, Amerika Serikat, meningkat menjadi 77 orang.

Kebakaran Hutan di California 77 Orang Tewas, 993 Lainnya Masih Hilang
AFP / JUSTIN SULLIVAN / GETTY IMAGES NORTH AMERICA
Petugas tim penyelamat menyusuri wilayah yang terdampak musibah kebakaran di kota Paradise, California utara, Kamis (15/11/2018), untuk mencari sisa-sisa jenazah. 

TRIBUNMANADO.CO.ID- Total jumlah korban tewas kebakaran hutan paling mematikan dan menghancurkan dalam sejarah California, Amerika Serikat, meningkat menjadi 77 orang.

Demikian pernyataan dari kantor kepolisian Butte County pada Minggu (18/11/2018), seperti diwartakan AFP. "Satu jenazah kembali ditemukan hari ini," tulis pernyataan polisi.

Seorang petugas pemadam kebakaran sedang berusaha memadamkan api yang terjadi di Malagia, California.
Seorang petugas pemadam kebakaran sedang berusaha memadamkan api yang terjadi di Malagia, California. (AFP/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/JUSTIN SULLIVAN)

Camp Fire telah muncul di wilayah California utara sejak 10 hari lalu. Sejauh ini, jumlah orang yang hilang menurun menjadi 993 orang, dari sebelumnya mencapai 1.200 orang.

Baca: Narapidana Bantu Pemadaman Kebakaran di California

Sementara itu, lebih dari 10.000 rumah hancur dilalap api yang menelan area seluas kota Chicago atau sekitar 606 km. Api juga menyapu lingkungan perumahan Paradise dari peta.

Ribuan orang terpaksa meninggalkan rumah mereka dan sebagian menemukan tempat tinggal sementara di gereja dan tenda. Melansir CNN, Departemen Kebakaran California atau Cal Fire memperkirakan api tidak bisa dikendalikan sepenuhnya sampai 30 November mendatang.

Baca: 1.011 Orang Hilang dalam Kebakaran Hutan California

"Sangat kewalahan. Saya tidak tahu bagaimana harus mendeskripsikannya," ujar Sheriff Butte County Kory Honea.

"Ini belum pernah terjadi sebelumnya. Tidak seorang pun yang harus berhadapan dengan hal besar yang menyebabkan kehancuran dan kematian," tuturnya.

Pasukan pemadam kebakaran California mencoba mengendalikan api yang muncul di belakang sebuah rumah di kawasan West Hills, Jumat (9/11/2018). 
Pasukan pemadam kebakaran California mencoba mengendalikan api yang muncul di belakang sebuah rumah di kawasan West Hills, Jumat (9/11/2018).  (AFP/KEVORK DJANSEZIAN)

Sementara itu, penduduk yang mengungsi merasa ditelantarkan. Banyak dari mereka berasal dari Chico, salah satu kota terpadat di Butte County.

Beberapa memilih untuk tinggal dengan teman dan keluarga. Yang lainnya menginap di tenda kota yang didirikan di lahan parkir Walmart. Presiden Amerika Serikat Donald Trump melakukan memantau langsung dampak kebakaran di Paradise dalam kunjungannya pada Minggu lalu.

Baca: Kebakaran di California, Sudah 48 Tewas, Banyak Selebritas Hollywood Kehilangan Rumah

Dia juga menyaksikan wilayah lainnya yang dilanda kebakaran hebat di Malibu, di mana tiga orang tewas. "Kita harus melakukan manajemen pemeliharaan dan kita akan bekerja juga dengan kelompok lingkungan," katanya, seperti dikutip dari BBC. Di sisi lain, para ahli menyebut cuaca, perubahan iklim, dan populasi yang bertambah banyak sebagai penyebab kebakaran hutan. (kompas.com)

Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved