(VIDEO) Harimau Sumatera yang Terjebak di Kolong Ruko Diberi Nama Atan Bintang

eekor Harimau Sumatera yang terjebak di kolong ruko berhasil dievakuasi petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Sabtu (17/11)

(VIDEO) Harimau Sumatera yang Terjebak di Kolong Ruko Diberi Nama Atan Bintang

TRIBUNMANADO.CO.ID - Seekor Harimau Sumatera yang terjebak di kolong ruko berhasil dievakuasi petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Sabtu (17/11/2018) sekitar pukul 01.48.

Kepala BBKSDA Riau Suharyono mengatakan, Harimau Sumatera berjenis kelamin jantan ini diberi nama Atan Bintang. "Kami beri nama Atan Bintang.

Atan artinya anak bujang (dalam) bahasa Melayu, kalau Bintang karena penyelamatan di tengah malam pas ada bintang. Jadilah kami buat nama Atan Bintang," kata Suharyono saat ditemui Kompas.com, Sabtu.

Ia menyampaikan, Atan Bintang berusia sekitar tiga tahun dengan bobot badan sekitar 80 kilogram.

"Kondisinya saat ini sehat dan agresif. Sorotan matanya tajam," ucap Suharyono.

Saat ini, Atan Bintang berada di dalam kandang untuk dibawa ke Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera (PRHS) Yayasan Arsari di Sumatera Barat.

Baca: Teliti Sebelum Konsumsi, Mengenal Nama Samaran Gula di Label Kemasan Makanan

"Alhamdulilah, sudah berhasil kami evakuasi yang memakan waktu cukup lama. Ini berkat kerja tim dan bantuan aparat keamanan setempat," ujarnya.

Sebelumnya, seekor Harimau Sumatera terjebak di kolong ruko pasar di Desa Pulau Burung, Kecamatan Pulau Burung, Riau, Rabu (14/11/2018).

Harimau tersebut sempat main-main di sela ruko dan menjadi tontonan warga setempat.

Sehari setelah itu, harimau terjebak ke kolong dan tidak bisa keluar. Warga bersama kepolisian dan TNI memasang jaring di kolong tersebut.

Kemudian, petugas BBKSDA Riau melakukan pembiusan di lokasi.

Pada bius pertama, harimau pingsan. Namun, tidak bisa dievakuasi karena petugas sulit masuk kolong ruko.

Harimau baru bisa dievakuasi pada hari keempat. Petugas terpaksa menjebol dinding dan lantai ruko untuk membawa harimau keluar. 

Editor: Fernando_Lumowa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved