Petani Kelapa Sulut Dapat Bibit Kelapa Unggul

Sebanyak 400 bibit unggul gratis diserahkan kepada petani se Sulawesi Utara, di Balai Penelitian Palma, Paniki

TRIBUNMANADO/ALPEN MARTINUS
Petani Kelapa Sulut Dapat Bibit Kelapa Unggul 

Petani Kelapa Sulut Dapat Bibit Kelapa Unggul

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

MANADO,TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebanyak 400 bibit unggul gratis diserahkan kepada petani se Sulawesi Utara, di Balai Penelitian Palma, Paniki, Sabtu (17/11).

Bibit kelapa jenis genjah unggul tersebut diserahkan oleh Prof M Syakir Kepala Badan Litbang Pertanian, Kepala Dinas Perkebunan Sulut Djeffry Ngantung.

Juga dipamerkan beberapa produk turunan kelapa oleh PT Unilever, PT Global Coconut, PT Royal Coconut, PT Dimembe Nyiur Agripro, dan Unit Kerja lingkup Balitbangtan, Kementerian Pertanian. Juga ada Bimbingan Teknis (BIMTEK), dan lomba produk inovatif.

Prof M Syakir mengatakan, bibit kelapa yang dibagikan kepada masyarakat merupakan produk unggulan terbaru.

"Varietas ini, lebih cepat berbuah yaitu lima tahun, pohonnya juga pendek, untuk mengurangi biaya panen, serta hasilnya sangat banyak dengan ukuran yang besar pula," jelas dia.

Ia mengatakan, dengan produksi seperti itu, masyarakat diharapkan tidak saja mengolah kelapa menjadi satu produk kopra, melain harus melihat peluang lain dengan membuat produk turunan kelapa.

"Kelapa merupakan nilai ekspor ke tiga terbesar di Indonesia, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani, pemerintah mendorong ekspor bukan dalam bentuk kopra saja melainkan turunan, salah satunya adalah dessicated coconut (DC)," jelasnya.

Juga ada pembuatan VCO dengan teknologi terbaru, dengan menyisakan nol persen kadar air, dan memiliki pasar sangat luas.

Halaman
12
Penulis: Alpen_Martinus
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved