CPNS 2018

BKN Terapkan Sistem Ranking untuk Tetap Isi Posisi, Banyak Peserta Tak Penuhi 'Passing Grade' CPNS

Angka kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar peserta CPNS sangat rendah, banyak peserta yang tidak memenuhi passing grade atau batas minimal

BKN Terapkan Sistem Ranking untuk Tetap Isi Posisi, Banyak Peserta Tak Penuhi 'Passing Grade' CPNS
grafis tribun manado/alex
Info Terbaru CPNS 2018 

BKN Terapkan Sistem Ranking untuk Tetap Isi Posisi, Banyak Peserta Tak Penuhi 'Passing Grade' CPNS

TRIBUNMANADO.CO.ID - Angka kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sangat rendah, banyak peserta yang tidak memenuhi passing grade atau batas minimal.

Dilansir dari Tribun Video dari Kompas.com, pemerintah memiliki kebijakan baru sebagai alternatif kriteria kelulusan, karena dikhawatirkan akan banyak formasi yang kosong karena banyak peserta yang tidak lolos passing grade.

Alternatif sistem kelulusan tersebut yakni menerapkan sistem ranking untuk merekrut Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, hal tersebut ditempuh agar posisi yang dibutuhkan akan segera ada yang mengisi.

Terutama posisi guru dan tenaga kesehatan yang sedang banyak dibutuhkan.

Baca: Pendiri Instagram Dorong Media Sosial Diatur Demi Masa Depan Dunia

Baca: Berikut 6 Cara Creambath Sendiri di Rumah Agar Rambut Makin Indah, Wangi hingga Mudah Diatur

"Sekarang kalau di daerah bagaimana solusinya. Kita lihat kalau ini dibiarkan kosong bagaimana, kalau diisi bagaimana. Formasi tahun ini itu sebagian terbesar adalah guru dan tenaga kesehatan," ujar Bima saat meninjau pelaksanaan seleksi CPNS di Kota Malang, Jumat (16/11/2018).

Bima juga mengatakan, langkah ini ditempuh agar proses pembelajaran di sekolah tetap berjalan semestinya dan posisi tenaga kesehatan juga tidak ada yang kosong.

"Kalau guru dan tenaga kesehatan kosong, ini siapa yang akan mengajarkan anak-anak. Kan lebih baik ada gurunya dari pada tidak sama sekali. Jadi itu perlu," lanjutnya.

Alasan pemerintah tidak akan menurunkan passing grade karena karena ingin mendapatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tetap berkualitas.

Halaman
12
Editor: Ferra Faradila Rizki
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved