Air Hujan Boleh Diminum? Ini Penjelasan Para Ahli 

Mungkin selama ini Anda bertanya-tanya, apakah minum air hujan aman bagi tubuh? Peneliti melakukan penelitian untuk mencari jawabannya.

Air Hujan Boleh Diminum? Ini Penjelasan Para Ahli 
NET
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Mungkin selama ini Anda bertanya-tanya, apakah minum air hujan aman bagi tubuh? Peneliti dari Monash University di Melbourne, Australia, melakukan penelitian untuk mencari jawabannya.

Studi ini dilatarbelakangi oleh kekhawatiran tentang kerusakan lingkungan akibat limbah air kemasan seperti botol atau galon.

Peneliti mengamati 300 rumah yang menggunakan air hujan sebagai sumber air utama yang dikumpulkan dalam sebuah tangki. Kemudian, setiap keluarga akan mencatat kondisi kesehatan mereka selama lebih dari setahun.

Baca: Inilah 13 Tips Atasi Hiportemia Saat Mendaki Gunung di Musim Hujan

Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat gastroenteritis atau flu perut--yang disebabkan oleh virus atau bakteri tertentu--di keluarga tersebut sangat mirip dengan masyarakat yang minum dari air keran yang terawat.
Artinya, mengonsumsi air hujan secara langsung cukup aman dari risiko penyakit.

Kepala unit penyakit menular di Departemen Epidemiologi Monash University, Karin Leder, mengatakan, orang yang minum air hujan secara langsung tidak menunjukkan adanya peningkatan risiko penyakit jika dibandingkan dengan mereka yang meminum air hujan yang telah disaring.

Baca: Berikut 5 Kuliner Khas Makassar, Ada Sop Saudara hingga Buras

Dilansir dari Hello Sehat, air hujan memiliki sifat asam dengan pH rata-rata sekitar 5,6. Dan itu tidak berbahaya.

Meski begitu, air hujan tidak sepenuhnya bersih karena terdapat debu atau bakteri lainnya yang menempel pada air hujan.

Berikut tiga hal yang membuat air hujan TIDAK BAIK untuk diminum:

1. Air Hujan di Kawasan Industri

Air hujan yang jatuh di daerah pabrik sangat tidak disarankan untuk diminum. Ini karena udara disekitarnya biasanya telah terkontaminasi zat-zat radioaktif yang berbahaya.

Halaman
123
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved