Maag si Penyakit Fiksi yang Tidak Ada dalam Literatur Medis

Rasanya, hampir semua orang Indonesia pernah mengeluhkan sakit maag. Namun, rupanya yang namanya “sakit maag” itu tidak ada dalam literatur medis.

Maag si Penyakit Fiksi yang Tidak Ada dalam Literatur Medis
-
ILUSTRASI 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Rasanya, hampir semua orang Indonesia pernah mengeluhkan sakit maag.

Biasanya, istilah ini digunakan ketika sang penderita mengalami telat makan sehingga perut terasa nyeri, mual dan bahkan muntah.

Namun, rupanya yang namanya “sakit maag” itu tidak ada dalam literatur medis. Hal ini dikatakan oleh dr. Hendra Nurjadin, Sp. PD-KGEH, seorang Dokter Spesalis Penyakit Dalam-Konsultan Gastro-Entero-Hepatologi dari RS Pondok Indah – Puri Indah ketika menjawab pertanyaan pembaca Kompas.com untuk rubrik Halo Prof!

“Asal usul kata “maag” berasal dari bahasa Belanda, yaitu “de-maag” yang artinya lambung,” tulisnya.

Dia pun menjelaskan bahwa ketika bicara “sakit maag”, sebetulnya masyarakat awam Indonesia bukan membicarakan penyakit secara medis, melainkan keluhan-keluhan yang disebabkan oleh gangguan pencernaan.

Baca: Kualitas Sperma Bisa Merosot Drastis Bila Terkena Panas

“Sehingga istilah ‘sakit maag’ lebih mencerminkan suatu kumpulan keluhan, dan tidak menunjukan suatu penyakit spesifik di pencernaan,” tulis Hendra lagi.

Keluhan ini seperti sakit perut, mual, muntah, kembung, begah, dan keluhan lainnya yang pada kebanyakan kasus, memang disebabkan oleh gangguan asam lambung atau gerakan lambung.

Oleh karena itu, Hendra tidak heran bila banyak masyarakat awam yang salah paham dan mengira bahwa maag itu sama saja dengan asam lambung.

Baca: Terjawab Sudah! Ternyata Ini Alasan Komodo Hanya Ada di Indonesia

Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikan “sakit maag”. Pasalnya, keluhan-keluhan ini bisa jadi disebabkan oleh GERD yang memang penyakit nyata dalam dunia medis dan perlu perhatian khusus.

Untuk penjelasan Hendra mengenai penyakit GERD, penyebab, dan cara menanganinya; simak artikel Kompas.com yang berjudul Halo Prof! Apa Sih Bedanya Sakit Maag dengan GERD?

Editor: Indry Panigoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved