Berita di Bolmong

Pemkab Bolmong Dukung Pemekaran Kecamatan Poigar, Tahlis Gallang: Sudah Memenuhi Syarat

Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow mendukung aspirasi masyarakat untuk pemekaran Kecamatan Poigar

Pemkab Bolmong Dukung Pemekaran Kecamatan Poigar, Tahlis Gallang: Sudah Memenuhi Syarat
Facebook
Camat Poigar Dedy Mokodongan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow ( Bolmong) mendukung aspirasi masyarakat untuk pemekaran Kecamatan Poigar

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolmong, Tahlis Gallang pemekaran Kecamatan Poigar Barat itu secara persyaratan sudah memenuhi.

“Secara administrasi pemerintah daerah menilai pemekaran kecamatan sudah memenuhi syarat dan layak, namun tergantung dari masyarakat apakah menginginkan atau tidak. Tapi kami sudah rencanakan tahun depan satu Kecamatan yang akan dimekarkan,” kata Tahlis Rabu (14/11/2018).

Baca: Serda Narko Bantu Petani Bajak Sawah di Desa Buntalo Bolmong

Camat Poigar, Dedy Mokodongan mengatakan, pekan ini proposal pemekaran Kecamatan Poigar Barat akan dimasukan di Pemkab Bolmong.

“Usulan pemekaran sudah ada sejak 7 tahun lalu. Waktu itu sama-sama dengan usulan pemekaran Kecamatan Dumoga, kami tinggal melanjutkan dan mendorong pemekaran tersebut sampai selesai,” terang Mokodongan.

Menurut Mokodongan, pemekaran kecematan tersebut adalah keinginan masyarakat, tujuannya untuk mendekatkan pelayanan.

"Adanya pemekaran kecamatan pelayanan akan lebih dekat, dimana ada 20 Desa satu kecematan dan dalam usulan pemekaran ini 20 desa kami bagi dua, dan Ibu Kota Kecamatannya berada di tengah,” ungkapnya.

Baca: Kepala Dinas Pertanian Bolmong Apresiasi Kinerja Babinsa yang Selalu Membantu Petani

 Kepala Bagian Tapem, Jemmy Sako membenarkan usulan pemekaran Kecamatan akan dimasukan berikan.

"Informasi dalam waktu dekat, kami akan langsung menindaklanjuti, setelah itu akan dimasuk ke Gubernur untuk persetujuan. setelah disetujui Gubernur tinggal di Paripurnakan,” kata Sako

10 Desa yang akan dimekarkan meliputi Desa Wineru, Nonapan, Nonapan 1, Nonapan Baru, Nonapan 2, Mariri Lama, Mariri 1, Mariri 2, Tanjung Mariri, dan Mariri Baru.

Ibu Kota Kecamatan Poigar Barat ditetapkan di Desa Nonapan Baru, sekaligus penempatan Koramil, sedangkan untuk lokasi perkantoran panitia mengusulkan separuh lahan HGU sebesar 3 Hektar. 

TONTON JUGA:

Penulis: Maickel_Karundeng
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved