Premiere League

Karena Lupa Bawa Koin, Wasit Liga Inggris Dihukum 3 Pekan

Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) menghukum seorang wasit, David McNamara, hanya karena ia lupa membawa koin

Karena Lupa Bawa Koin, Wasit Liga Inggris Dihukum 3 Pekan
A&H International
Ilustrasi Referee's Coin 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) menghukum seorang wasit, David McNamara, hanya karena ia lupa membawa koin, sehingga harus dilakukan suit pada pertandingan sepakbola wanita antara Manchester City versus Reading.

Baca: (VIDEO) Lawan Italia, Portugal Tak Panggil Cristiano Ronaldo

Wasit David McNamara lupa membawa koin undian sebelum laga sepakbola dimulai, sehingga kedua kapten harus lakukan suit gunting-batu-kertas untuk menentukan siapa yang akan menguasai bola pertama kalinya.

Insiden tersebut terjadi di Stadion Akademi Manchester City dan ditayangkan secara langsung melalui televisi, serta di hadapan 1.015 penonton pada laga yang dilangsungkan 26 Oktober silam itu.

Punya Kesempatan Ajukan Banding

FA lalu jatuhkan sanksi kepada wasit itu. David McNamara dilarang menjadi perangkat pertandingan selama tiga pekan, walau diberi kesempatan ajukan banding.

Baca: Jadwal Lengkap dan Hasil Sebelumnya UEFA Nations League

“FA memastikan, wasit David McNamara telah dikenai sanksi selama 21 hari, terhitung sejak Senin 26 November [waktu setempat], usai menerima tuduhan ‘tidak bersikap yang terbaik demi jalannya laga’,” ujar seorang juru bicara FA, seperti dikutip dari Daily Mirror.

“Sanksi ini merupakan hasil dari insiden Liga Super Wanita antara Manchester City melawan Reading pada Jumat, 26 Oktober [waktu setempat], saat ia gagal menentukan siapa yang mengambil bola pertama melalui pengundian koin, seperti yang tercantum dalam Aturan Pertandingan. McNamara baru kembali bertugas pada 17 Desember mendatang,” lanjut jubir tersebut.

David McNamara Dailymail
David McNamara Dailymail (Dailymail)

Momen Gila Seorang Wasit

Pada awal bulan ini, manajer wasit sepakbola wanita Joanna Stimpson percaya David McNamara gugup, karena laga disiarkan secara langsung. Tapi ia tak memberi pembelaan pada pengadil lapangan itu.

“Wasit lupa membawa koin. Saat itu, di pertandingan yang ditayangkan langsung melalui televisi, dia kehabisan waktu. Itu momen gila,” kata Stimpson.

“Dia merasa [melakukan suit gunting-batu-kertas] itu hal yang benar untuk dilakukan. Ia mungkin bisa saja kembali ke ruang ganti [untuk mengambil koin], atau setelah berpikir sejenak, wasit merasa itu bukan hal yang tepat untuk dilakukan,” tambahnya.

“Aksinya tersebut tidak bisa dibenarkan. Dia seharusnya bisa bersiap lebih baik. Ia seharusnya membawa koin tapi tidak membawanya. Ini merupakan insiden yang mengecewakan dan tidak sepantasnyay. Sangat tidak profesional,” ujar Stimpson.

Tribunmanado.co.id menyajikan informasi siaran langsung, live streaming, video highlight hasil pertandingan sepakbola, MotoGp, Formula 1 dan berita seputar dunia olahraga.

Editor: Alex Bryan Tarore
Sumber: Bola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved