Ekonomi Konsumen Sulut Diperkirakan Meningkat

Kondisi ekonomi konsumen diperkirakan akan meningkat pada triwulan IV 2018.

Ekonomi Konsumen Sulut Diperkirakan Meningkat
Tribun manado / Alpen Martinus
BPS Sulawesi Utara 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kondisi ekonomi konsumen diperkirakan akan meningkat pada triwulan IV 2018.

Selain pada triwulan berjalan, indeks komposit persepsi rumah tangga mengenai kondisi ekonomi konsumen dan perilaku konsumsi terhadap situasi perekonomian pada triwulan mendatang juga diperkirakan.

Nilai ITK Sulawesi Utara pada Triwulan IV-2018 diperkirakan sebesar 103,45.

"Artinya dengan indeks di atas 100 tersebut kondisi ekonomi konsumen diperkirakan akan meningkat dibanding triwulan lll-2018 yang memiliki ITK sebesar 106,19, namun dengan optimisme konsumen yang lebih rendah," jelas Ateng Hartono Kepala BPS Sulut, Rabu (14/11/2018).

Baca: Kondisi Ekonomi Konsumen Sulut Alami Peningkatan

Peningkatan kondisi ekonomi konsumen ini utamanya disebabkan karena meningkatnya pendapatan mendatang dibanding triwulan Ill 2018 dan adanya renhana pembelian barang tahan lama.

Peningkatan pendapatan triwulan mendatang diperkirakan dipengaruhi oleh beberapa hal seperti adanya pemberian tunjangan hari raya dan peningkatan produksi di beberapa lapangan usaha, seperti akomodasi dan transportasi.

Baca: Sampah Jadi Sumber Ekonomi Baru Lewat Bank Sampah

Selain karena faktor musiman seperti hari raya Natal dan persiapan menyambut tahun baru, di triwulan IV-2018 berlangsung even-even yang mendongkrak lapangan usaha terkait akomodasi, restoran, dan transportasi.

Baca: Pemprov Sulut Uji Coba e-Kinerja, Program Anti PNS Malas

Acara yang berlangsung adalah Revolusi Mental di bulan Oktober dan Archipelagic and Island States Ministeral Meeting di bulan November di Manado yang dihadiri oleh perwakilan 54 negara kepulauan. (amg)

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved