Citilink Meluncurkan Fasilitas WiFi Dalam Pesawat Mulai 28 Desember

Maskapai penerbangan Citilink Indonesia menjadi maskapai pertama yang memberikan fasilitas Free WiFi di dalam pesawat.

Citilink Meluncurkan Fasilitas WiFi Dalam Pesawat Mulai 28 Desember
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Maskapai penerbangan Citilink Indonesia menjadi maskapai pertama yang memberikan fasilitas Free WiFi di dalam pesawat.

Penumpang bisa menikmati layanan internet gratis saat terbang bersama Citilink Indonesia dengan total kuota per sesi yaitu 50 megabyte mulai 28 Desember 2018.

Baca: Dinas Sosial Aceh Memberikan Bantuan Kaki dan Tangan Palsu Kepada 100 Penyandang Disabilitas

"Layanan inflight wifi ini merupakan terobosan baru dari Garuda Indonesia. Garuda Indonesia merupakan maskapai pertama Indonesia yang melayani connecting system wifi di penerbangan domestik," kata Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo dalam acara soft launching layanan Free WiFi Garuda Indonesia Group di Jakarta, Rabu (14/11/2018).

Menurut Juliandra, layanan Free Wifi di pesawat dilakukan memenuhi kebutuhan dan tuntutan penumpang khususnya di era digital. Juliandra menambahkan bahwa persaingan ketat dalam industri penerbangan saat ini kian menuntut Garuda Indonesia Group untuk memiliki visi teknologi (tech savvy) dan mengoptimalkan layanan yang modern dan mampu mempertahankan loyalitas pelanggan masa kini.

"Inflight (WiFi) gratis ini untuk mengaktivasi pangsa pasar baru yang belum tersentuh seperti generasi milenial yang suka bepergian," ujarnya.

Ilustrasi
Ilustrasi (net)

Adapun layanan Free WiFi dioperasikan pertama di satu pesawat Citilink bertipe AirBus 320. Juliandra menambahkan, layanan Free WiFi di Citilink Indonesia akan dioperasikan di seluruh pesawat Citilink Indonesia khusus rute domestik. 

Menurut Presiden Direktur PT. Mahata Aero Teknologi, Muhamad Fitriansyah selaku operator Free WiFi Garuda Indonesia Group, kecepatan internet di dalam pesawat bisa mencapai 50 mbps.

Ia melanjutkan, layanan WiFi nantinya bisa digunakan penumpang setelah pesawat terbang di ketinggian di atas 30.000 kaki.  

Baca: Viktor Axelsen Prediksi Olimpiade Tokyo 2020 Jadi Akhir Dominasi Tunggal Putra China

"Setelah 50 habis, nanti bisa tambah kuota lagi gratis. Kelipatan 50 MB," kata Muhamad Fitriansyah.

Dalam penyediaan fasilitas free inflight connectivity ini, Garuda Indonesia Group melengkapi armada pesawatnya dengan layanan GX Aviation Sistem yang merupakan produk dari Inmarsat Aviation, yang memungkinkan penumpang untuk menjelajah internet dan berlayar di media sosial selama penerbangan.

GX Aviation adalah layanan konektivitas nirkabel global berkecepatan tinggi pertama dan satu-satunya di dunia yang dikirimkan melalui jaringan High-Throughput Satellites (HTS).

Layanan konektivititas ini sepenuhnya dimiliki dan dioperasikan oleh Inmarsat bekerjasama dengan Lufthansa Technik sebagai penyedia perangkat keras, teknik, desain, dan sertifikasi untuk proyek tersebut, sementara Lufthansa System sebagai integrasi perangkat lunak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mulai 28 Desember, Penumpang Citilink Bisa Nikmati WiFi Gratis di Pesawat"

Editor: Hans Koswara Widjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved