Keuskupan Manado

Jumlah Relawan dan Bantuan Nasional-Internasional Melalui Keuskupan Manado untuk Bencana Sulteng

Gereja Katolik melalui koordinasi Keuskupan Manado memiliki jangkauan pelayanan yang cukup luas untuk bencana Sulawesi Tengah

Jumlah Relawan dan Bantuan Nasional-Internasional Melalui Keuskupan Manado untuk Bencana Sulteng
ISTIMEWA
Penyaluran Bantuan kepada korban bencana Sulawesi Tengah 

Laporan Wartawan Tribun Manado David Manewus

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Gereja Katolik melalui koordinasi Keuskupan Manado memiliki jangkauan pelayanan yang cukup luas untuk bencana Sulawesi Tengah (Sulteng)

"Informasi Data Center Pos Santa Maria mencatat bahwa Sampai tanggal 26 Oktober pos Gereja Katolik Santa Maria Palu telah melayani kurang lebih  7500 KK dan 37.000 jiwa yang tersebar di wilayah Kabupaten Donggala, Sigi dan Kota Palu," kata Pastor Joy Derry, Direktur Pengembangan Sosial Ekonomi Keuskupan Manado, Selasa (13/11/2018).

Ia mengatakan jumlah relawan yang terlibat dalam Posko Caritas PSE Keuskupan Manado di Gereja Santa Maria Palu tercatat berjumlah 185 orang.

Baca: Peringati Hari Kesehatan Nasional, Ini Kata Ketua Forum Dokter Katolik Keuskupan Manado

Relawan datang dari pelbagai keuskupan, organisasi dan konggregasi di Indonesia. 

"Kegiatan yang dilakukan di Posko sampai 26 Oktober 2018 ialah membuka Dapur Umum di Gereja Santa Maria dan Gereja Santo Paulus oleh relawan. Juga  melakukan kajian  cepat dan mendalam sambil mendistribusi logistik (yang telah dimulai dan dipimpin CRS)," katanya

Ia mengatakan mereka juga menerima dan menyalurkan bantuan logistic oleh relawan. Juga menjalankan layanan kesehatan dasar keliling yang dikoordinir Sr Rosina PBHK dan Mari Jose JMJ.

Baca: Inilah Hasil Rakor Komisi Kerawam dan Komkat Keuskupan Manado

"Layanan dasar berdasarkan permintaan dan kajian. Layanan psiko-sosial/trauma healing. Kami mengikuti pertemuan koordinasi  juga melaporkan ke KOREM, dan Posko utama. Kami juga mengembangkan kapasitas tim memperbaiki sistem dan prosedur tanggap bencana. Sementara pengelolaan Keuangan dikoordinir Pastor Steven Lalu pr.

Ia mengatakan mereka mendapatkan bantuan nasional dan internasional. Wujud kepedulian dan solidaritas umat dan masyarakat disalurkan melalui Rekeninv Bank BNI Kantor Cabang Ranotana, a. n Keuskupan Manado,  No Rek. 3837777778. Juga di Posko Keuskupan Manado di Sentrum Agraris Lota (SAL), Minahasa Sulut.

"Dukungan Nasional dan Internasional terhadap Gerakan Keuskupan Manado Peduli Palu, Sigi dan Donggala semakin besar, hal ini dibuktikan dengan kehadiran para relawan dari pelbagai keuskupan, organisasi dan konggregasi di Pos Sta Maria Palu, yaitu KARINA, Keuskupan Agung Makassar, CRS, PERDAKI, PBHK,  DSY, JPIC Fransiskan,  Puteri Kasih, FSGM, Keuskupan Agung Semarang, Keuskupan Bandung, Keuskupan Bogor, Keuskupan Tanjung Karang, Keuskupan Denpasar, LDD KAJ, OFM, SVD, Camilian, JRS,  KBKK, Navis Jerman, Karitas Jerman dan lain-lain yang belum disebutkan di sini," katanya 

TONTON JUGA:

Penulis: David_Manewus
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved