Israel Serang Gedung Al-Aqsa TV

Serangan udara pasukan Israel pada Senin (12/11/2018) mengancurkan gedung milik kelompok Hamas, Al-Aqsa, di Jalur Gaza.

Israel Serang Gedung Al-Aqsa TV
(AFP/BASHAR TALEB)
Israel melakukan serangan udara ke gedung Al-Aqsa TV di Jalur Gaza. 

TRIBUNMANADO.CO.ID- Serangan udara pasukan Israel pada Senin (12/11/2018) mengancurkan gedung milik kelompok Hamas, Al-Aqsa, di Jalur Gaza. Laporan dari AFP menunjukkan, serangan udara diluncurkan setelah serangkaian tembakan peringatan. Serangan muncul sebagai respons atas pertengkaran sengit antara Israel dan militer Hamas di Gaza. Sementara itu, Hamas mengonfirmasi bangunan yang terletak di Gaza City tersebut itu hancur.

Tidak ada yang dilaporkan terluka dalam peristiwa tersebut. Para karyawan diyakini telah dievakuasi setelah tembakan peringatan dilepaskan.

Baca: Tentara Israel Klaim Jatuhkan 200 Roket Hamas: Puluhan Berhasil Jebol Irone Dome

Al-Aqsa TV kembali mengudara beberapa saat setelah serangan udara.
Stasiun televisi itu diyakini siaran dari lokasi tertutup. Militer Israel mengakui telah menghancurkan gedung beroperasinya Al-Aqsa TV.

"Itu berkontribusi pada tindakan militer Hamas, termasuk dengan menyediakan pesan operasional kepada militan, mengarahkan dan secara eksplisit menyerukan aktivitas teror terhadap Israel," demikian pernyataan militer Israel.

Israel menganggap stasiun televisi tersebut memberikan panduan tentang bagaimana melakukan kegiatan teror. "Stasiun itu dimiliki dan dioperasikan oleh Hamas," imbuhnya.

Baca: Gaza Tembakan Roket: Serangan Udara Israel Tewaskan Tiga Warga Palestina

Sebelumnya, pesawat Israel menyerang Gaza hingga menewaskan tiga warga Palestina dan melukai 9 orang lainnya. Gejolak itu terjadi setelah operasi pasukan khusus Israel yang mematikan di Jalur Gaza pada Minggu lalu, membuat Hamas menyerukan balas dendam.

Baca: Israel Terdesak, Uskup Gereja Katolik Minta UU Negara Yahudi Dicabut

Kemudian, sebuah bus Israel terkena rudal anti-tank dari Jalur Gaza, menyebabkan beberapa korban cedera.
Pernyataan bersama dari kelompok di Gaza, termasuk Hamas, mengaku bertanggung jawab atas serangan roket dan serangan rudal di bus. Mereka mengatakan tembakan roket itu sebagai pembalasan atas operasi mematikan Israel pada Minggu malam.(kps)

Editor: Herviansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved