Capai Rp 446,6 Triliun, Penjualan Alibaba di Singles Day Pecahkan Rekor

Angka ini melebih penjualan tahun lalu sebesar 25,3 miliar dollar AS sekaligus rekor penjualan terbesar raksasa e-commerce China itu selama festival b

Capai Rp 446,6 Triliun, Penjualan Alibaba di Singles Day Pecahkan Rekor
Istimewa
Markas Alibaba Group di Hangzhou, China 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Di tengah pelambatan ekonomi China dan tekanan perang dagang, penjualan Alibaba Group Holding Ltd mencapai 30,8  miliar dollar AS atau sekitar Rp 446,6 triliun pada festival belanja online Singles Day, Minggu (11/11/2018).

Angka ini melebih penjualan tahun lalu sebesar 25,3 miliar dollar AS sekaligus rekor penjualan terbesar raksasa e-commerce China itu selama festival belanja 11.11 (Double 11) itu digelar.

Singles Day sendiri awalnya untuk liburan mahasiswa baru di China untuk merayakan kejombloan mereka. Namun kemudian berkembang menjadi festival belanja online selama sebulan penuh yang memuncak dengan hiruk-pikuk penjualan 24 jam pada 11 November.

Baca: Jack Ma: Perang Dagang Hal Paling Bodoh di Dunia

Angka penjualan langsung mencatatkan 9,92 miliar dollar AS pada jam pertama festival belanja online terbesar di dunia itu. Jumlah ini naik sekitar 21 persen dari tahun sebelumnya.

Alibaba melampaui penjualan tahun lalu sebelum jam 4 sore.  Hal ini lebih lambat dibandingkan tahun lalu ketika memecahkan rekor 2016 pada tengah hari.

Baca: Alasan SBY Serius Investigasi Pemberitaan Asia Sentinel

Sementara itu analis memerkirakan, meskipun pertumbuhan kuat terus berlanjut, penjualan kemungkinan akan terpukul oleh persaingan baru.

"Dengan meningkatnya jumlah acara promosi dalam setahun, konsumen tidak lagi merasa bahwa Double 11 adalah satu-satunya kesempatan untuk mendapatkan penawaran yang bagus," kata Konsultan Perusahaan Oliver Wyman, Pedro Yip sepeti dikutip dari Seperti dikutip dari Reuters, Senin (12/11/2018).

Baca: Alasan SBY Serius Investigasi Pemberitaan Asia Sentinel

Alibaba memulai penjualan tahun ini dengan acara yang menampilkan penyanyi AS Mariah Carey, seorang peniru Beyonce Jepang dan pertunjukan Cirque du Soleil bertema sepatu-belanja.

Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved