Torang Kanal

Veronica Mandey Percaya Budaya Adalah Alat Pemersatu Bangsa

Veronika Vincencia De'Paula Mandey mempercayai budaya adalah alat pemersatu bangsa

Veronica Mandey Percaya Budaya Adalah Alat Pemersatu Bangsa
Tribun manado / David Manewus
Veronica mandey 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Veronika Vincencia De'Paula Mandey mempercayai budaya adalah alat pemersatu bangsa. Budaya baginya adalah hal yang sangat penting yang melekat dalam diri setiap orang.

"Budaya menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dari pribadi setiap orang. Orang-orang harus menyadari bahwa budaya adalah bagian dari cara berpikir setiap orang untuk mematangkan diri menjadi lebih baik," ujar gadis kelahiran Sea, 10 September 1999 ini.

Anak dari Alfonsus Mandey dan Monika Pantouw itu mengatakan dari sisi bahasa budaya berasal dari bahasa sansekerta "Buddhayah" yang adalah bentuk jamak dari kata "Buddhi" yang berarti akal, pikiran, budi. Jadi Budaya adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pikiran.

Baca: Seluruh Kontingen Pesparani Sulut Menyanyi Mars Yubileum di Taman Budaya

Baca: Begini Profil Lion Air JT 610 Yang Jatuh di Perairan Karawang: Boeing 737 MAX 8

"Tetapi ada juga kata yang lain yakni "Daya". Daya ini berarti kemampuan atau kekuatan dan yang dimaksud adalah kemampuan untuk melakukan sesuatu. Itu berarti Budaya adalah Kemampuan untuk melakukan sesuatu yang semuanya itu bermula dari pikiran," kata adik Christovel Mandey dan Harly Mandey itu kepada tribunmanado.co.id

Kakak dari Josepha Mandey itu mengatakan, kalau tidak menggunakan pikiran yang baik, berarti apa yang akan dilakukan tidak akan berjalan dengan baik. Dengan kata lain, budaya adalah cara hidup yang mengatur setiap manusia untuk memahami dan mengerti apa yang dilakukan, diperbuat, serta serta untuk menentukan perilaku dalam menjalin hubungan dengan manusia yang lain.

Penyuka Gado-gado dan Jus Alpukat mengatakan, satu hal yang menjadi sarana persatuan adalah budaya. Melalui budaya daerah, suatu daerah bisa terkenal di mana-mana di seluruh Indonesia.

"Nilai budaya saat ini mulai terlupakan oleh generasi muda karena perkembangan teknologi. Padahal sebenarnya nilai-nilai budaya menjadi ciri khas. Generasi muda harus menyadari betapa pentingnya nilai-nilai budaya," katanya (David Manewus)

Penulis: David_Manewus
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved