Sejarah Sepakbola

(VIDEO) Kisah Piala Dunia 1958: Dari Anti Israel, Kisah Sepatu Pinjaman dan Kemilau Pele

Tribunmanado.co.id mengajak pecinta sepakbola bernostalgia dengan Piala Dunia 1958: Dari Anti Israel, Kisah Sepatu Pinjaman dan Kemilau Pele

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dua tahun sebelum Piala Dunia 1958 digelar, sang penggagas Piala Dunia, Jules Rimet, meninggal dunia pada 16 Oktober 1956. Meninggalnya Jules membuat FIFA berinisiasi untuk menjadikan Piala Dunia keenam tersebut sebagai momen untuk mengenang Jules.

Baca: (VIDEO) Kisah Legendaris The Invincibles AC Milan

Turnamen sendiri sebelumnya diputuskan akan digelar kembali di Eropa dengan Swedia yang menjadi tuan rumah.

Materi Pemain Pas-pasan

Babak kualifikasi Piala Dunia 1958 saat itu diikuti oleh 55 negara. Inilah babak kualifikasi dengan peserta terbanyak saat itu mengingat empat tahun sebelumnya hanya ada 34 negara yang mau berkompetisi. Dari 55 negara, kemudian terpilih 16 negara yang terbagi dalam empat grup.

Format penyisihan pun kembali berubah dengan semua negara harus bertemu satu sama lain dan diadakannya babak play off apabila posisi kedua dan ketiga grup memiliki nilai yang sama.

Sayangnya, 16 negara yang hadir saat itu tampil dengan skuat yang terbilang pas-pasan. Inggris kehilangan para pemainnya yang meninggal karena Tragedi Munich. Hungaria tidak diperkuat trio Puskas, Czibor, dan Koscsis karena invasi Uni Soviet.

Hal ini pun membuat Piala Dunia saat itu diperkirakan tidak menarik mengingat Uruguay dan Italia juga  tidak lolos ke putaran final.

Israel yang Tidak Diakui

Pembagian grup saat itu terbilang cukup unik. Satu grup berisi masing-masing empat negara yang berisi satu negara dari Eropa Barat, Eropa Timur, Britania, dan Amerika Latin.

Saat itu, Piala Dunia tidak memunculkan satupun wakil dari zona Asia dan Afrika. Beberapa negara kawasan tersebut menolak bermain apabila bertemu dengan Israel.

Halaman
1234
Editor: Alex Bryan Tarore
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved