Kementan Andalkan Petani 'Champion' untuk Mengamankan Pasokan Cabai Natal dan Tahun Baru

Kementerian Pertanian mengandalkan para ‘petani champion’ dalam upaya menjaga pasokan dan harga pangan strategis

Kementan Andalkan Petani 'Champion' untuk Mengamankan Pasokan Cabai Natal dan Tahun Baru
(Dok. Humas Kementan)
Pasar lelang cabai di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Kementerian Pertanian mengandalkan para ‘petani champion’ dalam upaya menjaga pasokan dan harga pangan strategis terutama menjelang perayaan hari besar keagamaan.

Salah satu komoditas yang tidak pernah luput dari perhatian Kementerian Pertanian (Kementan) adalah cabai.

Kementan selama ini dapat menjaga kestabilan pasokan cabai karena menerapkan strategi pengaturan tanam antar sentra produksi. Dengan strategi ini, harga cabai pun turut terkendali.

"Tercatat, pasokan dan harga cabai sejak Januari 2018 hingga saat ini relatif terkendali. Bahkan saat puasa dan lebaran tahun 2017 dan 2018 juga terbukti aman stabil. Keberhasilan itu harus dipertahankan dan tingkatkan," kata Kasubdit Aneka Cabai dan Sayuran Buah, Direktorat Hortikultura Kementerian Pertanian, Mardiyah Hayati dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/11/2018).

Mardiyah Hayati sendiri memimpin pertemuan koordinasi pasokan cabai menjelang Natal dan tahun baru 2019 di Yogyakarta, Jumat (2/11/2018).

Baca: Inilah 5 Fakta Menarik Seputar Pedasnya Cabai

Pertemuan ini dihadiri para petani maju (champion) serta petugas pembina dari 24 dinas pertanian kabupaten/kota sentra produksi utama cabai di Indonesia.

“Petani champion memegang peranan penting dalam menjaga kestabilan rantai bisnis cabai ini,” ujar dia.

Petani champion merupakan istilah untuk menyebut petani maju yang dikoordinasikan oleh Kementerian Pertanian bersama Dinas Pertanian untuk menjadi lokomotif penggerak bagi petani lain di daerahnya.

Para petani champion menjadi aktor penting dalam mengkoordinasikan anggotanya dalam mengatur pola tanam.

"Dengan konsolidasi champion cabai ini kita ingin pastikan pasokan dan cabai saat natal dan tahun baru nanti benar-benar terjaga. Nyatanya, beberapa tahun terakhir ini para champion tersebut sudah membuktikan diri mampu berkolaborasi dengan pemerintah bahu membahu menjaga pasokan dan harga cabai aman,” kata Mardiyah.

Halaman
123
Editor: David_Kusuma
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved