Iran Rilis Jet Tempur Kowsar: Ahli Bilang Mirip F5 Buatan AS Tahun 1950

Iran pada hari Sabtu (3/11/2018) meresmikan jet tempur yang diproduksi di dalam negeri, sehari setelah pemerintahan Donald

Iran Rilis Jet Tempur Kowsar: Ahli Bilang Mirip F5 Buatan AS Tahun 1950
Afp
Jet Kowsar yang dirilis Iran

TRIBUNMANADO.CO.ID, TEHERAN - Iran pada hari Sabtu (3/11/2018) meresmikan jet tempur yang diproduksi di dalam negeri, sehari setelah pemerintahan Donald Trump mengumumkan reimposisi sanksi AS yang tersisa di Teheran untuk meningkatkan tekanan ekonomi pada Republik Islam.

Menteri Pertahanan Jenderal Amir Hatami mengatakan lini produksi menyoroti kemampuan para ahli Iran meskipun "sanksi oleh musuh," menurut siaran pers berita yang dikelola Press TV dikutip aljazeera.com.

Jet F5 yang dibeli Iran dari AS tahun 1960
Jet F5 yang dibeli Iran dari AS tahun 1960 (Afp)

Hatami mengatakan, meresmikan produk pejuang jet Kowsar adalah “simbol yang sangat besar melawan arogansi [global] dan berdiri melawan tuntutan berlebihan sistem kekaisaran, yang dipimpin oleh Amerika Serikat.”

Berbicara di sebuah kompleks industri di provinsi Isfahan, Hatami menambahkan bahwa pejuang "generasi keempat", dengan "kemampuan manuver canggih" dan radar multi-tujuan akan melayani segera seluruh Angkatan Udara Iran.

Pengumuman Hatamui datang beberapa hari sebelum sanksi AS dicabut di bawah kesepakatan nuklir 2015 yang ditetapkan untuk diberlakukan kembali di Republik Islam. Sanksi mulai berlaku hari Senin dan mencakup ekspor Iran, sektor keuangan dan energi.

Kebijakan ini adalah gelombang kedua sanksi AS yang telah diterapkan kembali sejak Trump mengundurkan diri dari kesepakatan internasional pada bulan Mei.


AS telah menjual ratusan miliar dolar senjata ke saingan-saingan regional Iran, dan mengatakan reimposisi sanksi yang melumpuhkan adalah upaya untuk memaksa Teheran mengakhiri penyebaran militer dan dukungannya bagi milisi di Suriah, Irak, Yaman, Lebanon, dan tempat lain. di wilayah tersebut.

Iran meluncurkan pesawat tempur Kowsar pada bulan Agustus, tetapi analis dengan cepat mencatat kesamaan antara jet Iran dan pesawat tempur F-5 Amerika, yang dibuat oleh Northrop-Grumman pada 1950-an, dan menyatakan keraguan bahwa pesawat itu benar-benar baru.

Pada saat itu, TV negara bagian mengatakan Kowsar telah melalui pengujian yang sukses dan menunjukkan rekaman pesawat di landasan, meskipun siaran berhenti sebelum pesawat lepas landas.

F-5 dijual ke Iran pada tahun 1960 dan pertama memasuki operasi di Angkatan Udara Kekaisaran Iran pada tahun 1965. Di Barat, jajaran jet F-5 sebagian besar digunakan untuk tujuan pelatihan.

Iran telah menggunakan platform F-5 - dan, beberapa pengamat menyarankan, bagian yang sebenarnya dari armada penuaan F-5 yang tidak terbang - untuk mengembangkan jet-jet baru. Saeqeh, pertama kali terbang pada 2004, adalah salah satu pesawat semacam itu.

Pada 2013, Iran meluncurkan jet tempur buatannya yang pertama di dunia, Qaher F313, tetapi dengan cepat diejek oleh sejumlah ahli di Barat yang mengatakan bahwa pesawat itu benar-benar model plastik, dan tidak dapat terbang. *

Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved