Torang Kanal

Angel Kralita Poluakan Harap Pelaku Penganiayaan Anak Ditindak Tegas

Angel Kralita Poluakan, mengaku terkejut ketika membaca berita di surat kabar.

Angel Kralita Poluakan Harap Pelaku Penganiayaan Anak Ditindak Tegas
ISTIMEWA
Angel Kralita Poluakan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kepada Tribunmanado.co.id, salah satu warga Kota Manado, Sulawesi Utara, bernama Angel Kralita Poluakan, mengaku terkejut ketika membaca berita di surat kabar.

Bahwa, baru-baru ini telah terjadi tindak kekerasan terhadap anak.

Gadis yang akrab disapa Angel ini pun menanggapi soal keterlibatan dari pihak pemerintah hingga orangtua terhadap perlindungan anak di bawah umur.

"Pemerintah, orangtua dan masyarakat harus menyadari anak-anak pun memiliki hak asasi seperti manusia dewasa lainnya yang harus dihargai. Walaupun Undang-undang telah ada dengan segala sanksinya namun belum berjalan secara maksimal dikarenakan budaya masyarakat yang masih menganggap bahwa perbuatan mereka masih merupakan bentuk kewajaran demi kebaikan sang anak, terlebih jika kekerasan tersebut terjadi dalam lingkup keluarga. Selain itu, lemahnya hubungan kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah (penegak hukum) dalam mencegah, melaporkan dan menindak pelaku kekerasan terhadap anak menyebabkan masih banyak kekerasan terhadap anak yang tidak di laporkan terutama kasus kekerasan secara psikologi," katanya.

Mahasiswi Fisip Unsrat Jurusan Administrasi Bisnis ini juga menyarankan agar pemerintah segera bertindak tegas.

"Saran saya adalah agar pemerintah melalui alat-alatnya yang telah diberikan wewenang hukum yakni aparat kepolisian, jaksa, hakim, dan pengacara untuk lebih giat dalam upaya pencegahan dan pemberantasan segala bentuk kejahatan/kekerasan, khususnya terhadap anak-anak. Selain itu peran serta masyarakat sangat menentukan keberhasilan dalam menegakkan keadilan terhadap anak-anak yang menjadi korban kekerasan," katanya.

(Tribunmanado.co.id/Andreas Ruauw)

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved