Breaking News:

4 Fakta tentang Boyolali, Destinasi Wisata dan Karya Warganya Terkenal di Dunia

Boyolali pun memiliki daya tarik tersendiri yang cukup membanggakan bagi warganya. Berikut empat fakta menarik Boyolali:

Kebun raya dengan sebutan Kebun Raya Indrokilo Boyolali (KRIB) seluas hampir sembilan hektare. () 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Baru-baru ini Kota Boyolali menjadi topik pembicaraan di media sosial karena nama kota ini disebutkan dalam pidato salah satu calon presiden RI, Prabowo Subianto.

Boyolali merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terletak berdekatan dengan Kota Surakarta, Sragen, Salatiga, Purwodadi, dan Magelang.

Biasanya tiap kota memiliki ciri khas yang menarik dan menjadi daya tarik turis lokal maupun mancanegara agar turut singgah ke kota tersebut.

Baca: Perubahan Jadwal Balapan MotoGP Malaysia 2018

Boyolali pun memiliki daya tarik tersendiri yang cukup membanggakan bagi warganya. Berikut empat fakta menarik dari kemajuan Kota Boyolali:

1. Keramik tembus pasar dunia

Keramik dengan material bahan lokal karya Roy Wibisono di Boyolali, Senin (9/10/2017).
Keramik dengan material bahan lokal karya Roy Wibisono di Boyolali, Senin (9/10/2017). (KOMPAS.com/Nazar Nurdin)

Direktur Nuansa Porcelen Indonesia, Roy Wibisono menciptakan keramik yang dibuat dari bahan-bahan lokal asli Boyolali.

Usahanya ini dilakukan secara sungguh-sungguh melalui riset yang mendalam agar bahan-bahan lokal dapat dibentuk menjadi barang-barang jadi dan bernilai jual tinggi.

Cara pembuatan keramik ini sama dengan membuat batu bata atau genteng, keramik porselen dibentuk melalui proses pembakaran atau pemanasan.

Baca: Foto-foto Pernikahan Melody eks JKT48 yang Pakai Adat Sunda

Untuk bahan-bahannya, Roy menggunakan kaolin, feldspar, silika yang kemudian dibakar dengan suhu berkisar 1.200-1.400 derajat Celcius.

Beberapa material dari bahan-bahan lokal itu disulapnya menjadi tropi, pating, dinding, piring, mangkok, dan berbagai bentuk lainnya.

Halaman
1234
Editor: Aldi Ponge
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved