Sri Mulyani Siap Cairkan 3 Trilyun untuk Dana Kelurahan

dalam sidang kabinet bersama Presiden Jokowi telah diputuskan RAPBN 2019 akan mengalokasikan dana kelurahan sebesar Rp 3 triliun

Sri Mulyani Siap Cairkan 3 Trilyun untuk Dana Kelurahan
KOMPAS.COM/WAWAN H PRABOWO
Sri Mulyani  

TRIBUNMANADO.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, dalam sidang kabinet bersama dengan Presiden Joko Widodo telah diputuskan RAPBN 2019 akan mengalokasikan dana kelurahan sebesar Rp 3 triliun.

"Untuk mekanisme penyalurannya kepada para kelurahan adalah melalui dana alokasi umum (DAU)," ujar Sri Mulyani di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (2/11/2018).

Menurut Sri Mulyani, instruksi presiden soal dana kelurahan agar dipakai untuk pembangunan sarana-prasaran yang masih memiliki kondisi tidak baik dan akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui pekerjaan seperti dana desa.

Baca: World Conference Creative Economy Mengundang Perusahaan Disney Sampai Mobile Legend

"Karena menggunakan dan melalui DAU, kita akan melakukan bersama sama dengan Menteri Dalam Negeri di dalam pengaturan penggunaan dana kelurahan sebesar Rp 3 triliun untuk sekitar 8.122 kelurahan di indonesia," paparnya.

Mantan Direktur Bank Dunia itu pun menyampaikan, ‎dana kelurahan bukan sebagai pengganti dari anggaran kelurahan yang sudah dialokasikan dari kabupaten dan kota sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

"Mekanismenya adalah sebagai matching grant, jika kabupaten/kota sudah melakukan maka kita akan menambahkan," kata Sri Mulyani.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Sri Mulyani: Siap Cair, Anggaran Dana Kelurahan Tahun Depan Rp 3 Triliun

Editor: Hans Koswara Widjaya
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved