Investor Korea Mengincar Perbankan Lokal

Jika K-Pop menjadi fenomena, sepertinya ke depan kita harus mewaspadai K-Bank di Indonesia.

Investor Korea Mengincar Perbankan Lokal
kontan
LINE Financial Asia 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Jika K-Pop menjadi fenomena, sepertinya ke depan kita harus mewaspadai K-Bank di Indonesia. Ya, investor asal Korea Selatan semakin gencar menggaet bank-bank di Indonesia.

Misalnya saja, Line Financial Asia, anak usaha LINE Financial mengumumkan rencana akuisisi 20% saham PT Bank KEB Hana Indonesia. perjanjian kerjasama ini bakal membuat Line Financial Asia sebagai pemegang saham terbesar kedua di Bank KEB Hana Bank KEB Hana akan mendapatkan nasabah potensial dari basis pengguna LINE yang tinggi.

Dana simpanan bank akan bertambah dengan bunga rendah melalui penguatan ritel banking. Akuisisi ini memperkuat kemampuan digital marketing Line.

Kini, Line Financial Asia tengah mempersiapkan peluncuran layanan perbankan digital yang diprediksi keluar pada tahun 2019 mendatang.

Investor asal Korea Selatan lain, KB Kookmin Bank juga mengambilalih sebagian saham Bank Bukopin lewat skema rights issue yang dilakukan Bukopin.

Saat ini, KB Kookmin Bank memegang 22% saham Bukopin. Direktur Utama Bank Bukopin Eko Rachmansyah Gindo mengatakan, usai KB Kookmin masuk sebagai pemegang saham Bank Bukopin, Bukopin berniat injak gas untuk penetrasi pasar termasuk kredit.

Beberapa pasar yang akan menjadi target Bukopin antara lain kerjasama dengan beberapa perusahaan multinasional asal Korea Selatan yang sudah menjadi mitra KB Kookmin di negara asalnya.

Bukopin juga akan semakin pede untuk menggarap sektor ritel ke depan lewat sinergi yang dilakukan dengan pemegang saham barunya yang merupakan bank pemain kredit perumahan terbesar di Korea Selatan.

Bank bersandi emiten bursa BBKP ini memasang target KPR dua digit untuk tahun ini. Rincian target kredit ritel yang dipatok Bukopin antara lain kredit mikro 15%, konsumer 10%, UKM 10% sampai 12%.

Ada lagi, Industrial Bank of Korea (IBK) juga berencana mengakuisisi dua bank di Indonesia yakni Bank Mitraniaga dan Bank Agris.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved