Breaking News:

Cerita Sertu Hendra, Marinir yang Temukan Black Box Pesawat Lion Air PK-LQP di Dasar Laut Berlumpur

Marinir Sertu Hendra harus melawan derasnya arus bawah laut, saat menemukan black box milik pesawat Lion Air

Editor: Aldi Ponge
Black box pesawat Lion Air PK-LQP JT 610 ditemukan di perairan Karawang, Jawa Barat, Kamis (1/11/2018) pagi.  

TRIBUNMANADO.CO.ID - Batalyon Intai Amfibi (Yon Taifib) Marinir Sertu Hendra harus melawan derasnya arus bawah laut, saat menemukan black box milik pesawat Lion Air PK-LQPdi perairan Karawang Jawa Barat,  pada Kamis (1/11/2018) sekira jam 10.00 WIB, 

Saking derasnya arus, ia bahkan sempat menggunakan tali agar tidak terbawa arus pada percobaan pertama.

Namun, karena tali itu menghambat proses penyelamannya, maka ia kembali lagi ke permukaan untuk melepas tali tersebut.

"Begitu kami turun arusnya kencang, kemudian dengan keterbatasan, kita menggunakan tali untuk tidak terlempar dan tidak terbawa arus, karena tali tersebut agak menghambat, kami kembali lagi ke posisi awal untuk melepas tali," kata Hendra di Kapal Baruna Jaya 01, di perairan Karawang, Jawa Barat, Kamis (1/11/2018).

Baca: Melody Eks JKT48 Bagikan Video Prewedding Super Romantis

Ia mengaku sempat putus asa di percobaan pertama, karena tidak menemukan serpihan pesawat.

"Memang kami putus asa pada saat mengkuti alat, karena pertama-tama serpihan pesawat tidak banyak kami temukan, hanya bongkahan kecil," ungkap Hendra.

Namun, ia mengecilkan sensitivitas alat khusus yang dibawanya menyelam. Setelah sensitivitasnya dikecilkan, kemudian alat tersebut bereaksi, dan Hendra mengikuti arahnya.

Karena kondisi di sekitar lokasi dasar laut berlumpur, ia juga harus menggali-gali lumpur tersebut hingga akhirnya menemukan black box.

"Kami yakin terus kami ikutin alat, kami kecilkan sensitifnya, hingga area semakin mengecil, lalu pada tempat (lokasi) alatnya menimbulkan reaksi sensitif tersebut kami gali-gali, kami mendapatkan black box-nya," beber Hendra.

Kadispen TNI AL Kolonel Laut Mohamad Zaenal membenarkan informasi tersebut.

"Sudah confirmed ditemukan oleh Satgas SAR TNI AL, selanjutnya diserahkan kepada KNKT. Data pendukung akan di-update lebih lanjut, kata Zaenal dalam keterangan tertulis, Kamis (1/11/2018). (Gita Irawan)

TONTON JUGA:

TAUTAN AWAL:, http://wartakota.tribunnews.com/2018/11/01/begini-kisah-marinir-temukan-black-box-lion-air-pk-lqp-di-dasar-laut-berlumpur.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved