Inggris Cabut Visa Eksekutor Khashoggi: Iran Tuduh AS Terlihat, Trump Curigai Pangeran Saudi

Kemarahan dunia terhadap kasus pembunuhan Jamal Khashoggi, Jurnalis The Washington Post kian memuncak. Pemerintah Inggris

afp
PM Inggris Theresa May 

TRIBUNMANADO.CO.ID, LONDON - Kemarahan dunia terhadap kasus pembunuhan Jamal Khashoggi, Jurnalis The Washington Post kian memuncak. Pemerintah Inggris berencana akan mencabut visa bagi warga Arab Saudi yang menjadi tersangka pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

"Menteri dalam negeri sedang mengambil langkah terhadap semua tersangka (pembunuhan) untuk mencegah mereka memasuki Inggris," kata PM Theresa May, Rabu (24/10/2018).

"Jika mereka sudah memiliki visa, maka sejak hari ini visa mereka dicabut," tambah May dalam pidatonya di parlemen Inggris. Langkah pemerintah Inggris ini menyusul keputusan serupa yang diambil Amerika Serikat pada Selasa (23/10/2018).

Kematian Jamal Khashoggi di konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu menambah tekanan terhadap pemerintahan PM Theresa May.

Dia didesak untuk membatalkan kesepakatan penjualan senjata ke Arab Saudi yang sudah tiga tahun terlibat perang di Yaman.

PM May juga dicecara pertanyaan terkait apakah dia akan mengikuti langkah Kanselir Jerman Angela Merkel yang membatalkan penjualan senjata ke Riyadh.

PM Inggris Theresa May
PM Inggris Theresa May (afp)

Untuk hal ini, May bersikukuh, kendali ekspor produksi pertahanan Inggris merupakan salah satu yang paling ketat di dunia.

Dia menambahkan, kebijakan penjualan senjata ke Saudi sedang "dievaluasi". Pernyataan ini mengulangi apa yang disampaikan Menteri Luar Negeri Jeremy Hunt di parlemen awal pekan ini.

May menambahkan, dia akan terus melakukan tekanan diplomatik kepada para pemimpin Saudi untuk menggelar investigasi transparan.

"Menteri luar negeri dan duta besar kami sudah menegaskan posisi Inggris kepada para pemimpin Arab Saudi," May menegaskan. "Saya sendiri akan menghubungi Raja Salman hari ini," tambah dia.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved