Patung Maria Bunda Segala Suku akan Dipersembahkan kepada Paus Fransiskus

Patung Maria Bunda Segala Suku (MBSS) akan dibawa ke Vatikan dan dipersembahkan kepada Paus Fransiscus.

Patung Maria Bunda Segala Suku akan Dipersembahkan kepada Paus Fransiskus
Uskup Agung Jakarta, Mgr I Suharyo menandatangani prasasti peresmian Museum Maria Bunda Segala Suku (tengah) didampingi oleh Gomas Harun (baju putih) dan AM Putut Prabantoro (surjan hitam), di Gedung Marian Center Indonesia, Jakarta, Sabtu (20/10/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Selasa (23/10/2018) Patung Maria Bunda Segala Suku (MBSS) akan dibawa ke Vatikan dan dipersembahkan kepada Paus Fransiscus.

Gagasan ini menyusul diresmikannya Museum MBSS oleh Uskup Agung Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), Mgr I Suharyo di Gedung Marian Center Indonesia (MCI), di Jakarta, Sabtu (20/10/2018).

Demikian diungkapkan penggagas Museum MBSS, Gomas Harun di Jakarta, Selasa (23/10/2018).

Diharapkan, dengan persembahan ini, MBSS akan menjadi salah satu koleksi di Vatikan yang menampilkan kekayaan budaya Indonesia.

Pada saat ini telah ada Museum Borobudur di Museum Etnologi Vatikan yang menampilkan kekayaan budaya Indonesia.

Uskup Agung
Uskup Agung ()

Nama MBSS datang dari AM Putut Prabantoro, seorang pegiat nasionalisme dan pluralisme. Nama itu diberikan kepada kepada Gomas Harun, penggagas lomba Karya Patung, Lukisan dan Fotografi Bunda Maria yang diawali tahun 2015.

Melalui lomba ini, Gomas Harun ingin mewujudkan impiannya menampilkan wujud Bunda Maria versi Indonesia. Museum kecil yang baru saja diresmikan merupakan langkah lanjutan dari penyelenggaraan lomba tersebut.

Menurut Gomas Harun, rencana ini memang tahapan setelah peresmian Museum MBSS oleh Mgr Suharyo pada pekan lalu.

Namun gagasannya sendiri telah muncul dan dibicarakan di antara rekan-rekan dalam Paguyuban MBSS sebelum peresmian museum khususnya setelah Keuskupan Agung Jakarta secara resmi menggunakan ikon Maria Bunda Segala Suku yang merupakan hasil dari kegiatan Lomba Pematung, Pelukis dan Fotografi yang diumumkan pada tahun 2017.

Uskup Agung
Uskup Agung ()

AM Putut Prabantoro mengatakan bahwa dengan nama MBSS sebenarnya ingin mengajak bangsa Indonesia mencintai bangsa dan tanah air Indonesia.

Halaman
12
Editor: Aldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved