Liga 1 2018

Pasca-sanksi dari PSSI, Tren Negatif Dialami Persib Bandung

Persib Bandung bisa dibilang sedang mengalami tren negatif. Mereka gagal menang dalam tiga laga terakhir, dua di antaranya berujung kekalahan

Pasca-sanksi dari PSSI, Tren Negatif Dialami Persib Bandung
FERNANDO RANDY/BOLA
Pemain Persib Bandung saat melawan Persija Jakarta dalam laga tunda pekan keenam Liga 1 2018 di Stadion PTIK, Jakarta Selatan, Sabtu (30/6/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Persib Bandung bisa dibilang sedang mengalami tren negatif. Mereka gagal menang dalam tiga laga terakhir, dua di antaranya berujung kekalahan.

Terakhir, Persib kalah telak 1-4 dari Persebaya Surabaya pada laga kandang usiran di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (21/10/1018). Kekalahan tersebut sekaligus menandai tergusurnya Persib dari puncak klasemen yang kini diduduki PSM Makassar.

Jika menilik ke belakang, tren negatif Persib terjadi setelah jatuhnya sanksi oleh Komisi Disiplin PSSI. Sanksi tersebut memuat larangan bagi Persib untuk menggelar laga kandang hingga akhir musim 2018, pascatewasnya seorang pendukung Persija Jakarta akibat dikeroyok di area Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Minggu (23/9/2018).

Pertandingan kontra Persija merupakan laga terakhir Persib menang. Saat itu, meraih hasil 3-2.

Setelah laga tersebut, Liga 1 sempat diskors dua pekan sebelum akhirnya dimulai kembali disertai pengumuman sanksi bagi Persib.

Persib menjalani laga pertama pascasanksi pada Selasa (9/10/2018). Saat itu mereka harus takluk 1-2 dari Madura United dalam laga kandang usiran di Stadion Batakan, Balikpapan.

Sekitar seminggu kemudian, Persib ditahan imbang Persipura Jayapura pada laga tandang di Stadion Mandala, Jayapura, Senin (15/10/2018).

Berbeda dengan Persib, PSM justru mengalami tren positif dalam tiga laga terakhir. Mereka menang 4-1 atas Mitra Kukar, 2-1 atas Arema FC dan 2-1 atas Borneo FC. Tiga kemenangan itu yang jadi modal PSM menyalip Persib.

Padahal sebelum jatuhnya sanksi untuk Persib, PSM masih tertinggal enam poin. Namun kini Juku Eja berbalik unggul dua poin atas Maung Bandung.

Tak lama setelah pergantian pemuncak klasemen, PSM dan Persib dijadwalkan akan bertemu pada laga di Stadion Mattoangin, Makassar pada Rabu (24/10/2018).

Pelatih Persib Mario Gomez mengajak seluruh pemainnya untuk tidak larut dalam kekecewaan pascakekalahan dari Persebaya. Maung Bandung, kata dia, harus bekerja lebih keras untuk menatap laga selanjutnya melawan PSM.

“Pertandingan sudah selesai. Jadi, kami harus fokus untuk pertandingan selanjutnya,” kata Gomez dikutip dari laman Persib.

Berita di tribunmanado.co.id ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tren Negatif Persib Pasca-sanksi PSSI"

Editor: David_Kusuma
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved