Partai Republik AS Pakai Aplikasi Sendiri untuk Gantikan Facebook dan Youtube

Bayangkan sebuah masyarakat di mana semua orang lebih atau kurang setuju dengan Anda. Anda bangun di pagi hari

Partai Republik AS Pakai Aplikasi Sendiri untuk Gantikan Facebook dan Youtube
Carolyn Kaster / AP
Dua Calon Presiden Amerika dari Partai Republik: Senator Texas Ted Cruz dan Taipan Real Estate Donald Trump 

TRIBUNMANADO.CO.ID, WASHINGTON DC- Bayangkan sebuah masyarakat di mana semua orang lebih atau kurang setuju dengan Anda. Anda bangun di pagi hari untuk salam online dari orang-orang yang berbagi pandangan Anda tentang senjata, agama, dan negara. 

Umpan berita Anda hanya berisi tulisan dari politisi yang berpikiran sama atau artikel dari outlet berita yang berpikiran sama. Anda dapat dengan aman memposting komentar Anda sendiri tanpa takut vitriol dari troll atau tantangan dari penentang.

Ini adalah dunia picik di mana puluhan ribu orang Amerika yang menggunakan aplikasi politik konservatif yang sedang mengalami musim pemilu paruh waktu.

Di tengah paduan suara keluhan konservatif bahwa Facebook dan YouTube telah menjadi bermusuhan dengan pandangan yang condong ke kanan - dan ketika raksasa media sosial tersebut mengambil langkah untuk membatasi apa yang mereka lihat sebagaikonten viral yang menyesatkan atau menyesatkan - beberapa konsultan Republik telah mulai membangun dunia digital paralel di mana klien politik mereka mengatur aturan.

Satu start-up telah membangun sebuah aplikasi untuk melobi lengan National Rifle Association yang telah diunduh lebih dari 150.000 kali. Pendukung Presiden Trump dapat mengunduh aplikasi dari Amerika Besar , komite aksi politik pro-Trump besar, atau aplikasi kampanye resmi America First, Trump 2016, yang memiliki beberapa fitur yang tetap aktif. Banyak pendukung Senator Ted Cruz dari Texas menggunakan Cruz Crew , sebuah aplikasi yang dibangun untuk kampanye pemilihannya kembali.

Aplikasi ini mengirimkan kabar berita yang diawasi oleh para kurator tentang apa saja platform media sosial yang secara efektif bersifat pribadi, bebas dari striktur dan pedoman konten yang diberlakukan oleh raksasa Silicon Valley. Beberapa memungkinkan pendukung untuk mengomentari posting atau berkontribusi sendiri, dengan sedikit risiko bahwa posting mereka akan ditandai sebagai ofensif atau kasar.

Banyak aplikasi memiliki fitur seperti video-game di mana pengguna dapat memperoleh poin untuk membuat donasi kampanye atau menghubungi legislator mereka. Mengumpulkan cukup banyak poin dan pendukung dapat mencapai peningkatan tingkat status - seperti "BigLeague" atau "Patriot" - atau bahkan mendapat tempat di papan pemimpin aplikasi.

Senator Ted Cruz
Senator Ted Cruz (newyorktimes.com)

 
Yang penting, mini-platform ini memanfaatkan jangkauan platform yang kuat seperti Facebook dan Twitter bahkan saat bersaing dengan mereka. Beberapa aplikasi memberi pengguna opsi memposting di Twitter atau pesan Facebook yang ditulis oleh kampanye, menggabungkan keaslian pos media sosial organik dengan disiplin pesan iklan berbayar.

Para pemrakarsa memposisikan aplikasi ini sebagai komunitas tahan lama yang menawarkan alternatif konservatif yang layak untuk jaringan sosial mainstream.

Aplikasi Great American telah menawarkan pesan teks yang dapat Anda kirim ke perwakilan Anda dengan menekan tombol. Aplikasi ini mengidentifikasi perwakilan Anda dari kode pos yang Anda berikan saat membangun profil Anda.
"Orang-orang dengan pandangan kanan-tengah merasa seperti platform sosial besar, Facebook dan Twitter, tidak bersimpati dengan pandangan mereka," kata Thomas Peters, kepala eksekutif uCampaign, perusahaan rintisan di Washington yang mengembangkan NRA, Great America dan Aplikasi kampanye Trump. 

"Ini menciptakan ruang yang aman bagi orang-orang yang berbagi pandangan, yang merasa seperti jaringan sosial terbuka bukanlah tempat yang menyenangkan bagi mereka."

Dilindungi dari publik yang lebih luas, bagaimanapun, platform dapat mengintensifkan polarisasi politik dan perpecahan sosial, atau menyebarkan disinformasi.

Halaman
123
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved