Dinilai Ilegal, PT Panorama Di Boltim Bakal Ditutup

PT Panorama di Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, bakal ditutup lantaran dinilai beroperasi secara ilegal

Dinilai Ilegal, PT Panorama Di Boltim Bakal Ditutup
TRIBUNMANADO/VENDI LERA
PT Panorama 

Laporan Wartawan Tribun Manado Vendi Lera

TUTUYAN,TRIBUNMANADO.CO.ID - PT Panorama di Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, bakal ditutup.

Perusahan tambang emas yang berada di atas lahan pertambangan Koperasi Unit Desa (KUD) Nomontang, dinilai ilegal.

Kepala Dinas DLH Bolaang Mongondow Timur, Sjukri Tawil mengatakan, KUD Nomontang memiliki dokumen AMDAL, untuk melaksanakan operasional dengan anggota sekitar 60 orang, sedangkan PT. Panorama tidak tahu.

"Kami tahu KUD Nomontang, bukan PT. Panorama. Sebab AMDAL jelas milik KUD. Belum tahu apakah investor ini melakukan kerja sama dengan siapa," ujar Sjukri Tawil, Jumat (19/10/2018).

Kata dia, sudah memangil pengurus KUD Montang untuk menayakan status PT. Panorama yang berada di wilayah izin operasional. Mereka menjawab tidak tahu dan berizin beroperasi.

Hasil tersebut disimpulkan Pemerintah Bolaang Mongondow Timur, bahwa status PT Panorawa ilegal, maka harus ditutup sementara setelah mempunyai izin operasional.

Ia menambahkan, saat ini kondisi sistem KUD Nomontang dinilai amburadul, mulai dari administrasi koperasi serta pengelolaan wilayah pertambangan.

Asisten II Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Soni Waroka mengatakan, dalam melaksanakan pembangunan, PT Panorama tidak mengurus izin mendirikan bangunan (IMB).

"Waktu lalu mereka datang mengurus izin, namun ditolak. Karena atas nama perorangan bukan KUD Nomontang, sebab itu wilayanya KUD," ujar Soni Waroka.

Lanjut dia, sekarang bangunan yang di bangun oleh PT Panorama banyak di daerah pertambangan wilayah rakyat.

Penulis: Vendi Lera
Editor: Ferra Faradila Rizki
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved