Giorgio Chiellini: Pendidikan Sangat Penting!

Giorgio Chiellini, paham betul pentingnya edukasi bagi kehidupan. Maka dari itu, ia meminta para pemain sepak bola lainnya untuk berpendidikan

Editor:
diolah tribun manado/alex

TRIBUNMANADO.CO.ID - Palang pintu Juventus Giorgio Chiellini, paham betul pentingnya edukasi bagi kehidupan seseorang. Maka dari itu, ia meminta para pemain sepak bola lainnya untuk mengikuti jejaknya dengan menyelesaikan kewajiban perkuliahan.

Chiellini terkenal sebagai sosok yang handal dalam merebut bola dari kaki lawan Juventus. Pemain sekaliber Zlatan Ibrahimovic pun, waktu masih bermain di Serie A, selalu dibuat kewalahan oleh penjagaannya.

Baca: Presiden Juventus: Ronaldo Adalah Superhero

Ia dianggap sebagai salah satu pilar yang membangun Juventus hingga seperti sekarang ini. Aksinya di jantung pertahanan menghasilkan tujuh gelar Serie A dan empat trofi Coppa Italia, serta dua kali tampil di final Liga Champions.

Giorgio Chiellini
Giorgio Chiellini (diolah tribun manado/alex)

Seperti dilansir dari bolasport.com, Chiellini dikenal publik sebagai salah satu bek terbaik dunia saat ini. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa pemain berumur 34 tahun tersebut punya kegiatan lain di luar lapangan yang berhubungan dengan dunia pendidikan.

Di sela-sela aktivitasnya sebagai pesepak bola, Chiellini menyempatkan dirinya untuk mengemban ilmu di Universitas Turin. Ia mengambil jurusan administrasi bisnis, cukup jauh dari dunia yang sedang ia geluti saat ini.

Walaupun sibuk bermain serta berlatih, namun eks penggawa Fiorentina tersebut tetap mampu menyelesaikan perkuliahan. Di tahun 2017, ia mendapatkan gelar master dengan status cum laude.

Baca: Kisah Cinta Buta Florentino Perez kepada Gareth Bale

Chiellini sadar bahwa pendidikan tetaplah penting, meskipun bergelut di dunia sepak bola. Oleh karena itu, ia mengajak pemain-pemain lainnya untuk melanjutkan pendidikannya setinggi mungkin.

"Kami harus meyakinkan pemain sepak bola untuk belajar dan menambah angka pemain dengan gelar universitas. Sebab hidup itu panjang," ujar Chiellini kepada FIFPro sebagaimana dikutip bolasport.com.

Baca: Data Lengkap, Sistem dan Klasemen UEFA Nations League

"Hidup akan terasa indah setelah karir pemain berakhir. Tetapi anda harus bersiap sebelumnya, atau anda akan beresiko kebingungan dengan hidup di umur 35 tahun. Hanya beberapa pemain yang berhasil mendapatkan pekerjaan di sepak bola," tandasnya.

Umumnya, beberapa sosok yang karirnya sudah berakhir masih tetap berkutat di dunia sepak bola. Sebagian di antaranya melanjutkan kiprah sebagai pelatih, contohnya Gennaro Gattuso, Massimiliano Allegri, dan Roberto Mancini.(bolasport.com.bola.kompas.com)

Sumber: Bola
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved