Berendam Air Panas Dapat Sebabkan Keguguran, Ini Penjelasannya

Wanita yang menggunakan Jacuzzi atau bak mandi air panas setelah hamil dua kali lebih mungkin mengalami keguguran.

Berendam Air Panas Dapat Sebabkan Keguguran, Ini Penjelasannya
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Berendam dalam bak mandi air panas sembari bersantai, terdengar menyenangkan ya Moms?

Namun, kebiasaan ini sebaiknya dihindari oleh Moms yang sedang hamil karena berbahaya untuk kehamilan dan janin.

Penelitian mengatakan, jika tubuh dalam kondisi bersuhu tinggi maka berisiko menyebabkan ibu hamil keguguran.

Berendam dalam bak air panas selama 20 menit nyatanya efektif menaikkan suhu tubuh seseorang hingga 102'F, sehingga ini tak disarankan untuk dilakukan oleh ibu hamil.

Penelitian tersebut diperkuat oleh The American Pregnancy Association yang menyebutkan, bahwa tidak dianjurkan oleh ibu hamil untuk memiliki suhu tubuh melebihi 101'F selama kehamilan karena berisiko tinggi menyebabkan keguguran janin dalam kandungan.

Riset tersebut menjelaskan, kondisi ini rentan dialami saat kehamilan berada di usia trimester pertama.

Hal itu disebabkan, pada periode tersebut bayi belum memiliki organ tubuh yang berkembang sempurna sehingga penting untuk Moms mengatur suhu air dengan seksama agar tidak terlalu panas.

Kendati organ janin belum tumbuh sempurna, namun otak bayi terus berkembang dengan cepat dan jika terpapar air panas bersuhu tinggi dengan intensitas sering maka meningkatkan risiko bayi lahir cacat otak atau spina bifida.

Jika Moms tetap ingin mandi air panas, pastikan untuk menurunkan suhu bak mandi dan tidak berendam selama lebih dari sepuluh menit.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology pada tahun 2003, dilakukan sebuah riset yang melibatkan ibu hamil yang menggunakan dan tak menggunakan air panas selama kehamilan.

 
Hasilnya, wanita yang menggunakan Jacuzzi atau bak mandi air panas setelah hamil dua kali lebih mungkin mengalami keguguran dibandingkan wanita yang tidak menggunakan jacuzzi atau bak mandi air panas.

Sauna memiliki suhu berkisar antara 170 hingga 190 derajat Fahrenheit, sedangkan bak air panas memiliki air pada suhu antara 100 hingga 104 derajat Fahrenheit.

Menurut dokter, paparan panas sedemikian berdampak buruk pada janin dan kemungkinan bayi terlahir cacat akan meningkat.

 
Supaya lebih aman, mandi air hangat lebih disarankan dibandingkan berendam di pemandian air panas.

Pastikan suhu air dijaga agar tidak terlalu panas, dan akan lebih baik jika Moms yang sedang hamil menahan diri dahulu untuk berendam selama durasi kehamilan demi kesehatan kehamilan dan janin.

Editor: Rine Araro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved