Bentuk Tim Kemanusian, Pemkab Mitra Kirim Bantuan Logistik dan Uang

Pemkab Minahasa Tenggara (Mitra)‎ mengirimkan tim dan bantuan kemanusiaan ke Kota Palu dan Kabupaten Sigi dan Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah

Bentuk Tim Kemanusian, Pemkab Mitra Kirim Bantuan Logistik dan Uang
TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Angkutan yang membawa bantuan ke lokasi bencana di Sulteng dari pemkab Mitra sudah bertolak Selasa malam 

Laporan Wartawan Tribun Manado Christian Wayongkere

Manado, Tribunmanado.co.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra)‎ mengirimkan tim dan bantuan kemanusiaan ke Kota Palu dan Kabupaten Sigi dan Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Menurut wakil bupati Mitra Jesaja Joke Legi bantuan sudah diberangkatkan dari Mitra pada Selasa malam kemarin via jalur darat menggunakan kendaraan truk.

‎"Bantuan yang dikumpulkan berupa bahan makanan, air bersih serta kebutuhan dasar bagi para pengungsi korban bencana alam gempa bumi bermagnitudo 7.4 disertai gelombang Tsunami," kata Legi yang juta wakil koordinator tim kemanusiaan kabupaten Mitra, Rabu (10/10/2018).

Selain bantuan itu kata koordinator tim kemanusiaan Kabupaten Mitra Piether Owu di Ratahan, pihaknya ikut mengirimkan para tenaga medis, dan tim tanggap bencana (Tagana).

"Khusus untuk tim medis beserta Tagana, akan ditugaskan selama 14 hari di Kabupaten Sigi, dan kemudian akan digantikan tim lainnya dari Minahasa Tenggara," jelas Owu.

‎Tim kemanusiaan ini akan ditugaskan, sampai selesai penanganan bencana. Sebelumnya Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap mengakuip, pihaknya masih siaga dengan erupsi Gunung Soputan, namun pemerintahnya telah berkomitmen membantu para korban di daerah Kabupaten Sigi dan sekitarnya.

"Saat ini memang kami masih siaga dengan erupsi Gunung Soputan. Tapi ini tidak mengurangi komitmen kami untuk membantu para saudara sebangsa kam2i, dan berada dalam satu pulau yang sama terdampak bencana gempa bumi dan tsunami," Sumendap.

Dia menambahkan pihak Pemkab Minahasa Tenggara dan Kabupaten Sigi mempunyai hubungan yang sangat erat, dan telah ada kerja sama dalam berbagai bidang, dan akan saling mendukung ketika terjadi bencana.

"Komitmen kami untuk bekerja sama dalam berbagai bidang. Termasuk akan saling membantu jika salah satu daerah terdampak bencana," tandasnya.

Adapun total bantuan yang dikirim pemkab Mitra ke lokasi benca Selasa malam, dipimpin koordinator tim asisten III Piether Owu didampingi Asissten I GH Mamahit, kadis sosial, kadis kesehatan, kasat Pol pp, dua orang dokter, dua orang perawat, dua orang Tagana, tiga dari BNPB, bagian humas satu orang dengan total rombongan sekitar 34 orang (lihat grafis jumlah bantuan).

"Total bantuan yang berhasil terkumpul rp 261.821.000," tambah Wilson staf dibagian humas dan protokol pemkab Mitra.

Daftar Bantuan Pemkab Mitra untuk Palu, Sigi dan Donggala:

6 ton beras,
2 ton gula,
200 dos Minyak kelapa,
air mineral 200 dos,
mie instant 200 dos,
ikan kaleng 100 dos,
Pempers 50 karton
susu kaleng 50 dos,
Milo 100 dos
tikar 200 lembar,
terpal 200 lembar,
selimut 100 lember,
‎30 Dos ikan kaleng
30 karton sabun cuci
30 karton sabun mandi, dan lain lain

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Ferra Faradila Rizki
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved