Gempa Sulawesi Tengah

PLN Batam Kirim 12 Relawan Pulihkan Listrik di Palu dan Donggala

Perusahaan Listrik Negara Batam mengirimkan 12 relawan untuk membantu mempercepat proses perbaikan kelistrikan di Kota Palu dan Donggala.

PLN Batam Kirim 12 Relawan Pulihkan Listrik di Palu dan Donggala
KOMPAS.com/ROSYID A AZHAR
Para petugas PLN dari seluruh Indonesia didatangkan ke Palu dan wilayah lain di Sulawesi Tengah untuk memulihkan jaringan listrik yang rusak akibat gempa bumi dan tsunami pada 28 September lalu. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Perusahaan Listrik Negara Batam mengirimkan 12 relawan untuk membantu mempercepat proses perbaikan kelistrikan di Kota Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Perbaikan infrastrukrur listrik saat ini menjadi salah satu prioritas utama agar pelayanan publik, rumah sakit dan daerah vital lainnya bisa kembali normal.

Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia PLN Batam, Bayu Widyarto mengatakan, musibah yang terjadi di Palu dan Donggala merupakan duka seluruh masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, pihaknya menilai sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk ikut membantu para korban gempa bumi dan tsunami tersebut.

"Untuk memulihkan pelayanan penerangan di Palu dan Donggala, kemarin PLN Batam memberangkatkan 12 relawan untuk membantu teman-teman di sana," kata Bayu di kantor PLN Batam, Selasa (9/10/2018).

Relawan yang diberangkat ke Palu dan Donggala merupakan pegawai PLN Batam yang memiliki keahlian dalam jaringan listrik. Tahap pertama, pihaknya fokus membantu perbaikan kelistrikan.

"Selain itu, kami juga ada bantuan lainnya dan saat ini masih mengumpulkan donasi di internal PLN Batam," jelasnya.

"Dan, kalau sudah terkumpul semua, nanti akan kami serahkan. Saat ini kami memang masih fokus untuk membantu pemulihan jaringan listrik," katanya menambahkan.

Kerusakan listrik akibat tsunami berbeda dibandingkan kerusakan akibat gempa bumi. Proses pemulihannya lebih sulit.

Karena itu, dengan bantuan 12 relawan dari PLN Batam, pihaknya berharap dapat mempercepat proses pemulihan listrik di kota yang diterjang tsunami.

"Saya juga pernah menjadi relawan saat tsunami di Aceh, makanya saya paham betul apa yang perlu dikerjakan teman-teman relawan dalam memperbaiki jaringan listrik di daerah yang terdampak tsunami," ujarnya.

Untuk pemulihan jaringan listrik daerah yang terdampak tsunami dibutuhkan kehati-hatian dan juga tenaga ekstra. Maka itu, pihaknya mengirimkan pegawai yang memang memiliki keahlian di bidangnya.

"Para relawan ini nantinya akan diberikan waktu selama dua pekan di sana. Tapi juga melihat situasi dan kondisi, kalau nanti memungkinkan ditambah, intinya kami siap. Saya juga berpesan agar teman yang berangkat menjaga kesehatan," paparnya.

Untuk kerusakan sendiri, Bayu mengaku saat ini belum bisa memastikannya.

"Yang jelas para relawan yang dikirim tersebut di bawah komando dari PLN Cabang Sulawesi. Begitu juga penempatan di sana, apakah Palu, Donggala, atau sekitarnya nantinya ditentukan PLN Cabang Sulawesi," terangnya.

Editor: Rine Araro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved