Pemerintah Desa Ambil Andil Bangun Jamban Sehat

Pemerintah desa juga turut ambil andil mensukseskan program jamban sehat yang merupakan satu diantara target pemerintah Kabupaten Bolsel

Penulis: | Editor:
Ist
Pemerintah Dea Sakti saat melakukan pertemuan dengan masyarakat 

Liputan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

MOLIBAGU, TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah desa juga turut ambil andil mensukseskan program jamban sehat yang merupakan satu diantara target pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) untuk menurunkan angka kemiskinan, Senin (8/10).

Selain bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan dan Dana Alokasi Khusus (DAK), pemerintah desa juga menganggarkan pembangunannya melalui dana desa (Dandes).

Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Sakti di Kecamatan Posigadan yang menganggarkan dana tahun 2018 untuk membangun 13 unit jamban.

"Dari jumlah tersebut lima dimatanya sudah rampung dan siap dioperasikan," jelas Sangadi (Kepala Desa) Sakti, Safwan Mohi.

Mohi, memastikan, untuk delapan unit lainnya dipastikan akan selesai pembangunan fisiknya pada akhir November mendatang.

"Perbukitan kita anggarkan sebesar Rp 10 juta jadi jika dihitung secara keseluruhan sebanyak Rp 130 juta," jelasnya.

Dinilai berdampak positif terhadap kebersihan lingkungan, maka pihaknya kembali menganggarkan untuk membangun 15 unit jamban pada tahun 2019 mendatang.

Dirinya menilai jamban adalah satu diantara kriteria penilaian masyarakat miskin untuk itu diprioritaskan pembangunannya.

"Kita bangun secara bertahap," jelasnya.

Sebagaimana yang dipesankan oleh Bupati Iskandar Kamaru, berharap agar tidak ada lagi masyarakat yang membuang limbah atau Buang Air Besar (BAB) di sungai.

"Kami menargetkan hingga akhir masa kepemimpinan angka kemiskinan di Bolsel menjadi nol persen. Jamban harus dimiliki oleh masyarakat yang belum memilikinya," tandasnya mengulangi kalimat bupati. 

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved