Bocah Israel yang Dipeluk Jokowi, Selamat dari Tsunami Palu tapi Kehilangan Ibunya

Namanya Israel Imanuel Limbara, siswa kelas 2 SD ini adalah korban gempa bermagnitudo 7,4 dan tsunami di Palu,

Bocah Israel yang Dipeluk Jokowi, Selamat dari Tsunami Palu tapi Kehilangan Ibunya
handout
(Kiri) Bocah Israel Imanuel Limbara, korban gempa Palu yang mendadak tenar karena ngobrol dan dipeluk Jokowi yang berkunjung ke Sulawesi Tengah pasca-bencana gempa dan tsunami, bersama keluarganya. Sang ibu meninggal dunia terseret tsunami. (Kanan) Bocah Israel dan kembarannya, Kim, saat bersama ibunya, Feiby Sandra Wagiu. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Namanya Israel Imanuel Limbara, siswa kelas 2 SD  ini adalah korban gempa bermagnitudo 7,4 dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, pada Jumat (28/9/2018) sore pekan silam.

Israel adalah anak yang viral di media saat berdialog dengan Presiden Jokowi. Waktu itu Jokowi sedang meninjau pencarian korban di Hotel Roa Roa. 

Saat gempa yang diikuti gelombang tsunami, Israel sedang bermain mobil-mobilan di anjungan Pantai Talise, Kota Palu.

Israel memiliki saudara kembar perempuan bernama Kim Imanuella Limbara. Kim waktu itu bermain pancingan ikan tidak jauh dari Israel berada.

"Israel dan Kim bersama ayahnya saat gempa dan tsunami sedang permainan di anjungan," kata Claudya Nichol Singal, salah satu kerabat Israel.

Baca: 5 Penginapan Murah di Jogja Lengkap dengan Kolam Renang, Harga di bawah Rp 150 Ribu

Claudya, siswa kelas 9 SMPN 2 Palu yang menemani Israel selama mengungsi. Claudya menuturkan, saat gempa, ayah Israel, Erik Hananiel Limbara langsung memegang erat tangan kedua anaknya.

Dari tengah laut, Erik melihat gulungan ombak hitam disertai suara gemuruh menuju pantai. Gelombang tsunami ini yang kemudian menyapu Pantai Talise, termasuk Israel, Kim dan ayahnya.

Mereka tergulung dan terseret bersama orang dan benda apapun yang ada di pantai. Ketiganya kemudian terdampar di rumah warga jauh dari pantai.

Israel mengalami luka gores di sekujur tubuhnya, sedangkan Kim saudara kembarnya lebih parah, kaki bagian bawahnya tertusuk benda hingga berlubang.

Baca: 10 Cara Mudah Meredakan Sakit Kepala, Gunakan Es Batu

Namun, duka mendalam mereka adalah kehilangan sang ibu, Feiby Sandra Wagiu. Feiby menjalani takdir yang berbeda. Dia meninggal dunia terseret tsunami.

Halaman
123
Tags
Israel
Palu
Editor: Aldi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved