Ratna Sarumpaet Ditangkap

Ratna Sarumpaet Tenyata Minta Sponsor ke Pemprov DKI Sejak Januari 2018

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Asiantoro mengatakan, kepergian Ratna Sarumpaet ke Cile

Ratna Sarumpaet Tenyata Minta Sponsor ke Pemprov DKI Sejak Januari 2018
Ratna Sarumpaet saat digiring ke Polda Metro Jaya, Jakarta. Kamis (4/10/2018) Ratna Sarumpat yang sebelumnya diamankan polisi Bandara Soekarno Hatta dicegah keluar negeri oleh imigrasi, Pencegahan Ratna Sarumpaet diduga terkait UU ITE. (Warta Kota/Alex Suban) (Warta Kota/Alex Suban) 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Asiantoro mengatakan, kepergian Ratna Sarumpaet ke Cile disponsori oleh Pemprov DKI.

Permohonan sponsor itu diajukan sendiri oleh Ratna sejak Januari 2018.

"Bu Ratna yang meminta bantuan sponsor kepada Pak Gubernur untuk mengikuti kegiatan WPI (Women Playrights International) di Cile," ujar Asiantoro ketika dihubungi, Jumat (5/10/2018).

Asiantoro mengatakan, Ratna sudah mengajukan permohonan sponsorhip itu sejak 31 Januari 2018. Dia meminta Pemprov DKI Jakarta memfasilitasi kehadirannya pada acara The 11th Women Playrights International Conference 2018 di Santiago, Cile.

Asiantoro mengatakan, dalam suratnya Ratna menyebut konferensi itu adalah kongres tuga tahunan yang digelar di berbagai negara. Ratna disebut sebagai salah satu anggota senior dalam kongres itu.

Baca: Ongkos Ratna Sarumpaet ke Chile, Pemprov DKI Jakarta Beri Bantuan Rp 70 Juta

Konferensi tersebut berlangsung dari 7 sampai 12 Oktober 2018.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima surat Ratna pada 19 Februari 2018. Surat itu kemudian didisposisikan ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk ditindaklanjuti.

"Disposisi Bapak Gubernur ke Disparbud adalah difasilitasi dan didukung serta ditindaklanjuti sesuai ketentuan," ujar Asiantoro.

Setelah itu, Disparbud mendisposisikan surat itu ke Bidang Nilai Sejarah dan Budaya. Akhirnya biaya perjalanan untuk Ratna Sarumpaet pun disetujui dan diatur oleh Biro Administrasi Sekretariat Daerah.

"Disparbud juga melakukan pengaturan perjalanan Ratna Sarumpaet sekaligus membantu berkoordinasi dengan pihak panitia Woman Playwrights International. Bu Ratna dijadwalkan akan tampil di opening tanggal 7 Oktober 2018," kata Asiantoro.

Baca: Inilah Kronologi Ratna Sarumpaet Ditangkap, Fakta Penggeledahan, Barang-barang yang Disita

Halaman
12
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved