Breaking News:

Ratna Sarumpaet Ditangkap saat Hendak Terbang ke Chili

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, aktivis Ratna Sarumpaet ditangkap. "Iya, (Ratna Sarumpaet) sudah

Penulis: Tim Tribun Manado | Editor: Lodie_Tombeg
Warta Kota/Adhy Kelana
Aktivis Ratna Sarumpaet memberikan keterangan kepada wartawan mengenai kasus dugaan penganiayaan terhadap dirinya, di kediamannya di Kampung Melayu kecil 5,Jakarta, Rabu (3/10/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, aktivis Ratna Sarumpaet ditangkap. "Iya, (Ratna Sarumpaet) sudah (ditangkap), nanti silakan ke (direktorat) krimum," ujar Argo ketika dihubungi, Kamis (4/10) malam.

Argo membenarkan informasi yang mengatakan bahwa Ratna diamankan petugas saat berada di pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis malam. "Iya, iya (ditangkap) di Bandara. Nanti Krimum yang jelaskan," kata dia.

Dari tayangan di televisi, video amatir menampilkan saat Ratna Sarumpaet menjalani pemeriksaan di kantor imigrasi. Saat itu, dia mengenakan pakaian gamis abu-abu dengan membawa sebuah tas tangan.

Meski demikian, Argo belum menjelaskan secara jelas kronologi dan alasan penangkapan terhadap Ratna Sarumpaet ini. Yang jelas, Ratna dibawa petugas dari Bandara Soeta ke Mapolda Metro Jaya untuk akan menjalani pemeriksaan lanjutan.

Dari informasi yang dikumpulkan, Ratna Sarumpaet diamankan oleh petugas imigrasi saat sudah berada di dalam pesawat di Bandara Soekarno-Hatta. Saat itu, Ratna hendak ke kota Santiaga de Chile, Chili. Dan Ratna mengakui hal itu.

"Ya. Saya schedule-nya hari ini harus berangkat ke Chile," kata Ratna saat dihubungi di sela dibawa petugas dari bandara.
Ratna mengaku dibawa oleh petugas imigrasi bandara karena namanya masuk dalam daftar orang yang dicegah ke luar negeri.

Petugas menyebut Ratna tidak diperbolehkan keluar dari Indonesia. "Saya sudah duduk di pesawat, saya dikeluarin oleh Imigrasi," ujarnya.

Menurut Ratna, penangkapan terhadap dirinya ini adalah aneh. Sebab, baru pada Kamis pagi dirinya mendapat surat paggilan dari Polda Metro Jaya atas laporan.

Dirinya sudah bicara dengan pengacaranya untuk berkoordinasi dengan pihak polda bahwa dirinya belum bisa memenuhi panggilan pemeriksaan karena akan berangkat ke Chili.

Namun, justru dirinya diamankan oleh petugas imigrasi saat berada di pesawat pada malam harinya. Pihak kepolisian yang juga datang kem bandara menunjukan surat penangkapan dengan statusnya sebagai tersangka.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved