ROR Imbau Warga Berdampak Erupsi Agar Waspada

Bupati Kabupaten Minahasa Royke O Roring (ROR) meminta warga waspada dan menjauhi Gunung Soputan

ROR Imbau Warga Berdampak Erupsi Agar Waspada
TRIBUNMANADO/FERDINAND RANTI
Bupati Minahasa Ir Royke O Roring 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Bupati Kabupaten Minahasa Royke O Roring (ROR) meminta warga waspada dan menjauhi Gunung Soputan, saat erupsi sejak Rabu (03/10/2018) 2018 hingga Kamis (04/10/2018) 2018 pagi.

"Masyarakat jangan ada yang mendekati atau melakukan pendakian di Gunung Soputan selama erupsi," Kata ROR, Kamis (04/10/2018).

Lanjut Roring, Gunung Soputan dalam status siaga tiga, dan masih berpotensi mengalami erupsi, karenanya disarankan warga agar menghindar atau melakukan kegiatan di area yang sudah ditetapkan yang masuk dalam zona bahaya selama aktivitas vulkanik gunung api terjadi.

"Warga yang wilayahnya terdampak abu vulkanik agar tidak beraktivitas di luar rumah, jika tidak perlu, kiranya dapat menghindari dampak hujan abu.
Masyarakat yang daerah terkena hujan abu, diminta untuk tidak keluar rumah karena partikel abu vulkanik ini berbahaya bagi kesehatan," katanya.

Ia mengatakan instansi pemerintah daerah terkait sudah melakukan upaya untuk mengantisipasi dampak letusan Gunung Soputan, termasuk membagikan masker kepada warga di desa-desa yang terdampak hujan abu.

Di Kabupaten Minahasa, hujan abu akibat letusan Gunung Soputan terjadi di Kecamatan Kawangkoan Barat. (fer)

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved