Putra Bungsu Pemimpin ISIS Diklaim Meninggal Dunia di Suriah

Putra bungsu pemimpin Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) Abu Bakr al-Baghdadi tewas dalam serangan udara Rusia di Suriah pada 22 September lalu.

Putra Bungsu Pemimpin ISIS  Diklaim Meninggal Dunia di Suriah
AFP
Pemimpin ISIS Abu-Bakr-al-Baghdadi 

TRIBUNMANADO.CO.ID-Putra bungsu pemimpin Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) Abu Bakr al-Baghdadi tewas dalam serangan udara Rusia di Suriah pada 22 September lalu. Hal ini diklaim oleh seorang komandan angkatan bersenjata Irak.

Kabar ini muncul beberapa bulan setelah ISIS mengabarkan, satu dari lima anak Al-Baghdadi tewas ketika ISIS menyerang sebuah pembangkit listrik tenaga panas Bumi di Suriah.

Klaim yang dirilis pada Minggu (30/09/2018) itu disampaikan Jabbar al-Ma'mori, seorang komandan pasukan paramiliter Tentara Mobilisasi Rakyat.

"Kami menerima informasi bahwa putra bungsu pemimpin ISIS tewas dalam serangan udara yang dilakukan Rusia di sebuah desa Suriah dua hari lalu," ujar Jabbar kepada harian Baghdad Today.

Namun, Jabbar sama sekali tidak menyebutkan nama atau usia putra bungsi Abu Bakr al-Baghdadi tersebut.

Pada Juli lalu, ISIS menyebut salah satu putra Al-Baghdadi, Hudhayfah al-Badri tewas saat ISIS menggelar serangan ke sebuah pusat pembangkit listrik di Homs, Suria.

"Al-Badri tewas dalam operasi melawan Nussayriyyah dan Rusia," demikian pernyataan ISIS yang juga menampilkan foto Al-Badri yang tengah memegang senapan serbu.

Nussayriyyah adalah istilah yang digunakan ISIS untuk menyebut kelompok minoritas Alawite, sekte Presiden Bashar al-Assad.

Pada 2014, ISIS memproklamasikan berdirinya sebuah kekalifahan di Suriah dan Irak ketika sukses menduduki sepertiga wilayah kedua negara tersebut.

Namun, ketika pasukan Irak dan Suriah melakukan serangan balik ditambah intervensi AS dan Rusia, dengan cepat ISIS kehilangan wilayah dan kini terpojok di beberapa lokasi kecil saja.

Sedangkan sang pemimpin Abu Bakr al-Baghdadi, yang beberapa kali disebut telah tewas, diyakini masih hidup dan bersembunyi di beberapa tempat.

Kabar terakhir menyebut Al-Baghdadi kini berada di Afghanistan setelah sukses melewati perbatasan dan sempat masuk ke wilayah Iran. (kps)

Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved