Jokowi Berjaket TNI Saat Kunjungi Palu: Dipuji SBY

Presiden Joko Widodo mengenakan jaket loreng hijau-hitam TNI saat meninjau situasi dan kondisi pascabencana gempa

Jokowi Berjaket TNI Saat Kunjungi Palu: Dipuji SBY
antara
Jokowi berbicara kepada prajurit TNI dan Polri saat berada di Palu, Minggu (30/9/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengenakan jaket loreng hijau-hitam TNI saat meninjau situasi dan kondisi pascabencana gempa di Palu, Sulawesi Tengah.

Tidak lupa Jokowi mengenakan sneakers sebagai warna hitam sebagai ciri khasnya. Tampak mendampingi Jokowi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menkopolhukam Wiranto, Menhub Budi Karya Sumadi, Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi tiba di Palu, Sulawesi Tengah. Jokowi tiba di Bandara Sis Al-Jufri, Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9) pukul 13.55 WITA menggunakan Pesawat Boeing 737-400 TNI AU melalui Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Jokowi yang mengenakan jaket loreng hijau-hitam TNI itu langsung berbincang dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menko Polhukam Wiranto terkait situasi di Palu akibat gempa.

Setelah itu ia langsung menuju ke Perumnas Balaroa menyusuri reruntuhan bangunan. Titik berikutnya yang ditinjau Jokowi adalah Pantai Talise. Pantai ini merupakan tempat wisata utama di Palu dan terdampak tsunami paling parah.

Jokowi kemudian menuju Rumah Sakit Undata dan meninjau posko pengungsi di Lapangan Vatulemo. Jokowi langsung menggelar rapat singkat dengan Menko Polhukam Wiranto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Sekitar 15 menit mendapatkan laporan dari para menterinya, Jokowi kemudian memberikan arahan kepada para anggota TNI dan petugas kesehatan yang bertugas pascagempa. Diketahui sebelumnya Presiden Jokowi menggelar acara doa bersama di Solo, Jawa Tengah. Di solo ia berpesan agar rakyat Indonesia mendoakan korban gempa bumi dan tsunami di Palu, Donggala, Mamuju dan Sigi, Sulawesi Tengah.

"Marilah kita berdoa, agar saudara-saudara kita yang tertimpa musibah di Palu, Donggala, Sigi, dan sekitarnya, diberi kesabaran, diberi ketabahan dalam menjalani cobaan ini," kata Jokowi, yang disambut teriakan 'amin' oleh warga.

Presiden Joko Widodo juga mengatakan, sejumlah alat berat akan mulai didatangkan ke Palu, Sulawesi Tengah, pada Minggu (30/9) malam. Pengerahan alat berat tersebut untuk membantu proses evakuasi korban yang tertimpa reruntuhan serta memperbaiki akses jalan yang rusak akibat gempa yang melanda wilayah tersebut.

"Nanti malam sudah mulai didatangkan alat berat. Ini adalah keadaan darurat, enggak mungkin dikerjakan manusia," kata Presiden saat meninjau lokasi.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved