Penumpang Pesawat Ini Nekat Masuk Ruang Kokpit untuk 'Mengecas' Ponsel

Seorang penumpang diturunkan paksa dari pesawat yang sedang bersiap untuk lepas landas setelah dia mencoba masuk ke dalam ruang kokpit

Penumpang Pesawat Ini Nekat Masuk Ruang Kokpit untuk 'Mengecas' Ponsel
Foto Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MUMBAI - Seorang penumpang diturunkan paksa dari pesawat yang sedang bersiap untuk lepas landas setelah dia mencoba masuk ke dalam ruang kokpit untuk mengecas ponselnya.

Insiden itu terjadi dalam penerbangan IndiGo yang sedang bersiap untuk berangkat dari bandara di Mumbai menuju Kolkata, India pada Senin (24/9/2018).

"Saat pesawat IndiGo sedang berada di landasan, seorang penumpang mendadak mencoba masuk ke ruang kokpit dan berkata bahwa dia perlu mengisi baterai ponselnya," kata maskapai IndiGo dalam pernyataannya, Rabu (26/9/2018).

"Dan sesuai dengan prosedur operasi standar, kapten pesawat mengajukan proses penurunan penumpang dengan alasan pelanggaran keamanan," lanjut pernyataan tersebut.

Baca: Apa yang Akan Terjadi Ketika Pesawat Terbang Melebihi Tinggi Maksimum?

Seorang pejabat bandara menyampaikan kepada kantor berita Press Trust of India, bahwa penumpang tersebut, yang diperkirakan berusia sekitar 30-an tahun, dalam keadaan mabuk saat insiden terjadi.

Melansir dari AFP, petugas keamanan bandara sempat menahan dan menanyai penumpang tersebut, namun kemudian membebaskannya tanpa tuntutan.

Kejadian itu menjadi insiden aneh kedua yang terjadi dalam penerbangan domestik India pada sepekan terakhir.

Sebelumnya, seorang penumpang pria juga diketahui mencoba membuka pintu keluar pesawat di tengah penerbangan dan mengiranya sebagai pintu toilet.

Insiden tak biasa itu terjadi dalam penerbangan GoAir dari New Delhi menuju Patna, pada Sabtu (22/9/2018).

Beruntung tindakan pria itu dapat diketahui penumpang lainnya yang kemudian membunyikan alarm dan pria tersebut dapat ditahan oleh kru pesawat.

Dia kemudian diserahkan kepada petugas keamanan bandara sesaat setelah mendarat. Namun kemudian dibebaskan dan tidak dijatuhi dakwaan.

Diketahui kemudian, pria itu tidak mengetahui tindakan yang dilakukannya karena itu adalah penerbangan pertamanya.

Artikel Ini Telah Tayang di Kompas.com dengan Judul “Ingin "Ngecas" Ponsel, Seorang Penumpang Pesawat Masuk ke Ruang Kokpit”

Editor: David_Kusuma
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved