Deklarasi Damai Merupakan Bentuk Komitmen Jaga Pileg dan Pilpres 2019 Berlangsung Aman dan Damai

Deklarasi dan pawai damai bersama dilakukan penyelenggara, pengawas, peserta pileg dan pilpres 2019 di lapangan Dua Sudara.

Deklarasi Damai Merupakan Bentuk Komitmen Jaga Pileg dan Pilpres 2019 Berlangsung Aman dan Damai
Tribun manado / Chintya Rantung
Deklarasi Damai di Bitung 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG- Deklarasi dan pawai damai bersama dilakukan penyelenggara, pengawas, peserta pileg dan pilpres 2019 di lapangan Dua Sudara Manembo-Nembo, Selasa (25/9).

Ditandai dengan pembacaan dan penandatangan deklarasi dari penyelenggara yaitu KPU, pengawas dari Bawaslu dan Polres dan TNI, Pengadilan, Kejaksaan dan Wali kota serta dari masing-masing perwakilan parpol.

Ketua KPU Bitung Deslie Sumampow mengatakan, dalam deklarasi bersama sebagai bentuk komitmen baik penyelenggara, pengawas dan peserta dalam mengikuti pileg 2019 untuk menjaga keamanan dan kondusif untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat, damai, sejuk di kota Bitung.

Baca: Pemkot Bitung Gelar Upacara di HUT ke-54 Provinsi Sulut, Jaga Stabilitas Keamanan dan Kerukunan

"Dengan mentaati segala bentuk peraturan dan ketentuan yang berlaku menyelesaikan pileg dan pilpres sesuai dengan prosedur hukum," katanya.

Wali Kota Bitung Maximiliaan Lomban menambahkan, dengan pawai damai ini, peserta sama-sama menjaga keamanan dalam pileg dan pilpres tahun 2019, sehingga terhindar dari upaya-upaya yang dapat menyebabkan perpecahan di masyarakat dan menghindari kegiatan yang bersifat provokasi, menghasut ujuran kebencian.

"Serta tidak menggunakan isu SARA, berita hoaks serta mendukung penegakan hukum. Mendukung TNI-Polri dalam mengamankan pelaksanaan pemilihan 2019 di wilayah kota Bitung, sehingga tercapai situasi aman dan damai," sebutnya.

Dalam deklarasi, 13 parpol diberikan kesempatan untuk melakukan orasi selama dua menit dan dilanjutkan dengan pawai dari Lapangan Dua Sudara Manembo-Nembo hingga depan kantor Wali Kota Bitung. (chi)

Penulis: Chintya Rantung
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved