Gubernur Olly Dondokambey Akan Pertahankan Pertumbuhan Ekonomi dan Tekan Inflasi

Di usia ke 54, Provinsi Sulut memiliki daya tahan kuat, kehidupan masyarakat aman dan tentram

Penulis: Ryo_Noor | Editor: David_Kusuma
Tribun manado / Andreas Ruaw
Paripurna DPRD Sulut dalam rangka HUT ke-54 Sulawesi Utara 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Di usia ke 54, Provinsi Sulut memiliki daya tahan kuat, kehidupan masyarakat aman dan tentram.

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey mengutip slogan Asian Games, energi of Asia.

"Saya meminjam slogan Asian Games, Sulut adalah energi of Indonesia," kata Gubernur saat membawakan sambutan di Paripurna HUT Provinsi ke 54 di Ruang Sidang Gedung DPRD Sulut, Senin (24/9/2018)

Olly mengatakan, sudah 955 hari bersama Steven Kandouw Wakil Gubernur Sulut dilantik sebagai pemimpin Sulut

"Saya pernah bertanya ke Wagub Steven Kandouw, pertanyaannya apa yang sudah dilakukan untuk provinsi ini? Apakah nyiur melambai akan terus melambai atau akan punah," kata Gubernur

Olly mengatakan, selama menjabat Gubernur ia selalu berupaya memenuhi janji kepada rakyat untuk membangun Sulut, menghadapi tantangan merajut peluang.

"Pertumbuhan ekonominya 6,32 persen, di atas pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya 5 persen," kata Bendahara Umum DPP PDIP ini.

Padahal, Sulut sedang terdampak menurunnya komoditas perkebunan yang jadi andalan ekspor Sulut

"Kita menghadapi kendala harga kopra turun drastis, pala, cengkih pula," sebutnya

Di bidang perikanan industri perikanan di bitung masih lesu buntut kebijakan Kementerian Kelautan Perikanan.

Namun ekonomi Sulut tetap tumbuh 6 persen lebih, Olly mengatakan, pertumbuhan ekonomi diikuti pula dengan upaya pemerintah menekan inflasi, hingga 2017 inflasi bisa dijaga hingga 2,44 persen

"TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) Sulut sampai dapat penghargaan dari pemerintah pusat, di Pulau Sulawesi inflasi paling rendah," kata Ketua DPD PDIP Sulut ini.

Inflasi kata dia bisa ditekan karena upaya bersama. Ia waktu masih menjadi Anggota DPR RI pernah ketemu dengan seorang Bupati di Sulut. Sang Bupati menggalakan program sentuh tanah

"Saya tanya apa program sentuh tanah ini, apa kore-kore (pegang) tanah, ternyata ini program menanam, kita bercocok tanam, gali inovasi di bidang pertanian," ujar dia.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved