Menikah dengan Pria Beda Kasta, Suami Wanita Ini 'Dibunuh demi Kehormatan' di Hadapannya

Pada 14 September lalu, Pranay Perumalla dibunuh di hadapan istrinya, Amrutha Varshini, dalam sebuah kasus " pembunuhan demi kehormatan

Menikah dengan Pria Beda Kasta, Suami Wanita Ini 'Dibunuh demi Kehormatan' di Hadapannya
Amrutha Varshini
Pranay dan Amrutha sudah mengenal sejak duduk di bangku SMA. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pada 14 September lalu, Pranay Perumalla dibunuh di hadapan istrinya, Amrutha Varshini, dalam sebuah kasus " pembunuhan demi kehormatan".

Kisah lengkapnya diungkap BBC Telugu yang berkesempatan berbicara dengan Amrutha, perempuan yang tengah berduka itu.

Kisah cinta Amrutha dan Pranay sudah dimulai saat mereka duduk di bangku SMA di Miriyalaguda, sebuah kota kecil di negara bagian Telangana, wiyalah selatan India.

"Sejak pertama bertemu, kami sudah saling menyukai. Kami kerap ngobrol lewat telepon dan akhirnya kami jatuh cinta," ujar Amrutha sambil memaksa diri untuk tersenyum.

Amrutha (21) berasal dari keluarga kaya dan kasta atas. Sementara Pranay, yang berusia 24 tahun saat meninggal dunia, merupakan kasta Dalit yang dianggap kelas paling rendah di India.

Pada April 2016, keduanya nekat menikah meski orangtua Amrutha tak merestui. Kini, dalam kondisi mengandung lima bulan, Amrutha berada dalam situasi yang tak pernah dia bayangkan.

"Ayah membunuh suami saya karena dia tak berasal dari kasta yang sama dengan kami," ujar Amrutha.

Sejauh ini tak ada data resmi tetapi berdasarkan sebuah studi ratusan orang tewas dibunuh di India dalam apa yang  disebut "pembunuhan demi kehormatan".

Sebagian dari korban adalah akibat mereka menikah tanpa restu atau mencintai seseorang di luar kasta mereka.

Banyak keluarga di India masih memilih pernikahan yang sudah diatur dengan sesama kasta atau orang dengan agama  yang sama.

Halaman
12
Editor: Rine Araro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved