Petugas Damkar Kotamobagu Jalankan Tugas Sat Pol PP

Jumlah petugas damkar yakni ada 24 orang. Untuk tugas memadamkan api ketika terjadi kebakaran petugas damkar dibagi menjadi dua tim.

Petugas Damkar Kotamobagu Jalankan Tugas Sat Pol PP
TRIBUNMANADO/HANDHIKA DAWANGI
Petugas Damkar Kotamobagu 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Handhika Dawangi

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Pasca dirumahkannya ratusan tenaga kontrak Sat Pol PP Kotamobagu, tugas untuk menegakkan perda dan menindaklanjuti laporan masyarakat dilaksanakan oleh petugas damkar dan ASN.

"Selain ASN, tenaga kontrak petugas damkar juga ikut mengambil alih tugas Sat Pol PP," ujar Kepala Dinas Sat Pol PP Dolly Zulhadji kepada Tribun Manado, Kamis (20/9/2018) pagi saat ditemui di kantornya.

Jumlah petugas damkar yakni ada 24 orang. Untuk tugas memadamkan api ketika terjadi kebakaran petugas damkar dibagi menjadi dua tim.

"Masing-masing 12 orang. Secara bergantian berjaga selama 24 jam. Setelah masuk hari ini misalnya besoknya istirahat diganti dengan tim yang lain begitu seterusnya," ujar Dolly.

Dan untuk ambil alih tugas Sat Pol PP lanjut Dolly dari 12 orang dibagi menjadi dua tim masing-masing enam orang.

"Enam orang stay di mako, enam lainnya ikut bersama ASN untuk melakukan patroli. Patroli di pasar dan menindaklanjuti laporan masyarakat terkait adanya pelanggaran perda selama 1x24 jam," ujar Dolly.

Dolly mengatakan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas yakni dari empat bidang. "Secara bergantian melaksanakan tugas. Misalnya hari ini bidang linmas, kemudian besoknya bidang operasi , selanjutnya bidang penegakkan perda dan bidang damkar. Setiap bidang ada lima orang," ujar dia.

Dolly mengatakan, memang kekurangan personel untuk menjalankan tugas Sat Pol PP.

"Selama ini memang personel terbatas. Kami bisa menindaklanjuti laporan masyarakat tertentu misalnya penemuan remaja menyalahgunakan lem kaleng dan sebagainya. Namun jika laporannya perkelahian maka kami selalu berkoordinasi dengan kepolisian," ujar Dolly.

Dolly menyampaikan terima kasih kepada baik ASN maupun tenaga kontrak petugas damkar yang mengambil alih tugas Sat Pol PP.

"Karena selama ini telah menjalankan tupoksi kita masing-masing. Sesuai dengan bidang tugas kita. Personel yang ada terus menyesuaikan sampai dengan malam hari dengan keterbatasan tenaga," ujar dia.

Sebelumnya total tenaga kontrak Sat Pol PP ada 147 orang. Sebanyak 135 orang dirumahkan dan 12 orang untuk K2 ditugaskan menjaga aset-aset pemkot seperti rudis dan sebagainya.

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved