Pendaftaran Online CPNS Diundur hingga 26 September

Di hari pertama pembukaan portal informasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018, sscn.bkn.go.id, Rabu (19/9)

Pendaftaran Online CPNS Diundur hingga 26 September
Kompas/ Hendra A Setyawan
Tes Calon Pegawai Negeri Sipil / CPNS  

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Di hari pertama pembukaan portal informasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018, sscn.bkn.go.id, Rabu (19/9) Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan baru 16 kementerian, lembaga, dan dinas yang menyampaikan kebutuhan formasi. Total ada 76 instansi pusat dan 525 instansi daerah yang membuka lowongan untuk CPNS 2018.

Hal tersebut yang membuat BKN memutuskan memundurkan jadwal pembukaan portal sscn.bkn.go.id sebagai cara untuk mendaftar online dari waktu yang telah disampaikan ke publik. "Sampai tadi pagi baru 16 instansi pusat maupun daerah, nanti coba kita update lagi," ujar Kabiro Humas BKN Mohammad Ridwan.

Ia mengatakan, BKN terpaksa memundurkan jadwal pembukaan portal yang memang menurut pantauan Tribun tak bisa diakses pada Rabu pagi hingga siang hari.

"Jumlah itu masih terlalu sedikit, sebenarnya kami sudah dorong sejak April dan Mei 2018 dan deadline-nya kemarin tanggal 18 September 2018 untuk instansi menyerahkan kebutuhan formasi," tuturnya.

"Tapi ada sejumlah instansi yang sebenarnya sudah siap dengan kebutuhan formasi, namun belum diserahkan kepada kami. Jadi mau tak mau kami akan buka portal itu pukul 13.00 WIB untuk memenuhi janji kami ke publik," sambung Ridwan.

Namun, Ridwan mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir dan tergesa-gesa karena pendaftaran baru akan dibuka minimal 26 September 2018.

"Jadi hari ini sampai 26 September adalah waktu untuk menyampaikan kebutuhan formasi dan persyaratan, sekaligus memberi waktu instansi untuk melengkapi informasinya, pendaftaran baru dimulai minimal 26 September 2018,"ujar Ridwan.

Untuk mendorong hal tersebut, BKN rencananya juga akan menyurati para Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) setiap kementerian, lembaga, dan dinas.

"Saat ini juga Kepala BKN Bima Haria Wibisana akan menyurati semua PPK untuk segera melaksanakan pelengkapan kebutuhan formasi tersebut," tegas Diah, salah satu staf Biro Humas BKN.

Pihak BKN juga membantah ada kendala teknis mengenai teknologi dalam peristiwa belum bisa dibukanya portal tersebut. "Bukan kendala teknis, kami hanya mengupayakan agar informasi yang sampai kepada pelamar sudah lengkap," pungkasnya.

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved