Inilah 5 Racun Paling Mematikan bagi Manusia

Setidaknya ada lima racun paling mematikan yang membuat seseorang yang terpapar akan meninggal dunia hanya dalam waktu dua jam.

Inilah 5 Racun Paling Mematikan bagi Manusia
NET
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Setidaknya ada lima racun paling mematikan yang membuat seseorang yang terpapar akan meninggal dunia hanya dalam waktu dua jam. Apa saja?

1. Arsenik
Ketika berbicara tentang racun mematikan, orang biasanya langsung teringat arsenik.

Inilah racun yang diyakini menjadi penyebab (baik sengaja maupun tidak) meninggalnya Raja George III dari Inggris, Napoleon Bonaparte, hingga Kaisar Gaungxu dari China.

Arsenik dalam bentuk asli bisa ditemukan di kerak Bumi, dengan persentase sekitar 0,00015 persen. Selama ratusan tahun, bahan ini - dalam kadar aman tentu saja - dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit, antara lain sariawan dan sifilis.

Racun ini sangat mematikan dan hanya perlu 200 miligram saja, atau setara dengan satu tetes hujan, untuk membuat seseorang mati dalam dua jam.

Orang yang terkena racun ini biasanya mengalami muntah, kejang-kejang, dan kemudian meninggal dunia.

Tak mengherankan jika arsenik mendapat julukan raja racun.

2. Digoxin
Racun ini ditemukan oleh William Withering pada 1775 dan ada pada bunga foxglove, bunga liar berwarna mencolok berbentuk seperti lonceng, biasanya tumbuh di hutan-hutan Eropa.

Jika racun masuk ke aliran darah, maka detak jantung bisa melambat dan akhirnya berhenti bekerja.

Sebelum jantung gagal berfungsi, seseorang yang terkena racun digoxin akan mengalami sakit perut dan sakit kepala yang hebat.

Halaman
123
Editor: Rine Araro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved