Polres Kepulauan Talaud Gelar Pasukan Mantap Brata

Polres Kepulauan Talaud melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata 2018 dalam rangka pengamanan Pemilu tahun 2019

Polres Kepulauan Talaud Gelar Pasukan Mantap Brata
Ist
Polres Kepulauan Talaud melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata 2018 dalam rangka pengamanan Pemilu tahun 2019 

Laporan Wartawan Tribun Manado Jhonly Kaletuang

MELONGUANE, TRIBUNMANADO.CO.ID - Polres Kepulauan Talaud melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata 2018 dalam rangka pengamanan Pemilu tahun 2019 di halaman mapolres Kepulauan Talaud, Rabu (19/9/2018).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Denny Situmorang, SIK membacakan amanat Kapolri menyampaikan bahwa, apel gelar pasukan ini diselenggarakan di seluruh jajaran dengan tujuan untuk mengecek kesiapan personel, sarana, dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan pemilu.

"Dengan demikian Pemilu tahun 2019 akan dapat terselenggara dengan aman, lancar, dan damai," kata Kapolres.

Sebelum menutup amanat ini, Kapolres memberi penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan diantaranya, perkuat soliditas dan sinergisitas TNI dan Polri guna mewujudkan Pemilu yang aman, lancar, dan damai. Juga menjaga netralitas Polri dan TNI, serta hindari tindakan yang dapat mencederai netralitas TNI dan Polri dalam penyelenggaraan setiap tahapan Pemilu.

"Kedepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang untuk selanjutnya dilaksanakan upaya pencegahan dan penanganan secara dini," katanya.

Lebih jauh lagi, dorong seluruh elemen KPU, Bawaslu, Caleg, Parpol dan masa pendukungnya, Pemda, media, tokoh masyarakat, serta pengawas Pemilu independen untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Gelorakan deklarasi Pemilu damai di masing-masing wilayah dengan mengikutsertakan elemen-elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu," katanya.

"Susun rencana pengamanan secara detail dan laksanakan latihan pada setiap tahapan pengamanan, termasuk dalam menghadapi situasi kontinjensi," tambahnya.

Olehnya juga mengharapkan kiranya melakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional, baik terhadap dugaan tindak pidana Pemilu yang diselenggarakan melalui Sentra Gakkumdu, maupun potensi pelanggaran hukum lainnya, guna menjamin stabilitas kamtibmas yang kondusif.

Apel gelar pasukan ini turut dihadiri Wakapolres Kompol Maria Buida bersama PJU Polres, Kasub Den IV Brimob IPTU Dicky Onthoni, Dandim 1312/ Talaud Letkol ( Arm) Gregorius Eka Setiawan, Danlanal Melonguane Letkol Purba, Ketua Panwas kabupaten Talaud Jekmon Wauda, Perwakilan dari Kejari Kepulauan Talaud, Kadis Perhubungan Leida Dahlan, kepala BRI Cabang Melonguane, Toga serta Tokoh Masyarakat.

Adapun Peserta apel terdiri dari 1 Pleton Anggota Lanal Melonguane, 1 Pleton Anggota Kodim 1312/ Talaud, 1 Pleton Sub Den IV Brimob, 1 Pleton Sat Lantas, 1 Pleton Sat Sabhara, 1 Peleton Gabungan Staf Polres Kepulauan Talaud, 1 Pleton Sat Reskrim dan 1 Peleton Sat Intelkam.

Penulis:
Editor: Ferra Faradila Rizki
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved