Bhabinkamtibmas Bolsel Dituntut Mampu Selesaikan Masalah di Desa Binaan

Bhabinkamtibmas Polsek Urban Bolaan Uki dituntut untuk mampu menyelesaikan masalah yang terjadi di Desa Binaan

Bhabinkamtibmas Bolsel Dituntut Mampu Selesaikan Masalah di Desa Binaan
TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN
Bhabinkamtibmas Bripka Peppy Gobel saat membina masyarakat 

Liputan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kepolisian Sektor Urban Bolaang Uki di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) memaksimalkan peran Bhayangkara Pembina Kemanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di desa-desa.

Satu diantarannya menyelesaikan persolan yang terjadi di wilayah binaan.

Hal tersebut diucapkan oleh Kepala Kepolisian (Kapolsek) Urban Bolaang Uki, Kompol Baharudin Samin, Senin (18/9), di ruang kerjannya bahwa tugas pokok seorang Bhabinkantibmas membina masyarakat.

“Harus diketahui Bhabinkamtibmas bertugas di desa. Mereka adalah cerminan Polri saat berada di lapangan. Bersentuhan, berinteraksi, dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat dalam menyelesaikan satuu persoalan,” jelas Bahrudin.

Mereka dituntut untuk mampu menyerap permasalahan, keluh kesah, kritik, saran, dan aspirasi masyarakat yang dihadapi di lingkungan masing-masing.

“Mampu membina masyarakat sehingga taat hukum dan patuh terhadap aturan, serta mampu menyelesaikan masalah dengan adil berdasarkan asas kekeluargaan dan tidak memihak,” jelasnya.

Untuk indikator penilaian atas fungsi mereka, adalah dianggap sukses jika tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban bermasyarakat.

Sementara itu Bripka Peppy Gobel, Bhabinkamtimas di Desa Soguo, Molibagu, dan Toluaya mengatakan, untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di desa binaannya, pihaknya melibatkan Sangadi (Kepala Desa) Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Budaya.

“Kami kumpulkan masyarakat yang bermasalah memberikan mereka binluh dan imbauan bagaimana cara bertanggung jawab dan keluar dari permasalahan tersebut dengan baik,” ujar Peppy.

Apalagi setelah Bolsel menerapkan sistem religius maka segala permasalahan harus diselesaikan oleh Bhabinkamtimas dengan tidak memutuskan hubungan tali silaturahmi atas suatu permasalahan.

“Ini juga butuh kerja sama segala unsur untuk mewujudkan wilayah yang kondusif,” tandasnya. 

Penulis: Felix Tendeken
Editor: Ferra Faradila Rizki
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved