Latih Kemandirian Si Kecil, Ini 8 Rambu Penting yang Harus Diperhatikan

Moms, mulailah melatih si kecil sejak dini agar dia dapat tumbuh menjadi pribadi yang mandiri saat dewasa nantinya

Latih Kemandirian Si Kecil, Ini 8 Rambu Penting yang Harus Diperhatikan
Internet
8 rambu melatih kemandirian anak 

TRIBUNMANADO.CO.ID -  Agar Si Kecil dapat tumbuh menjadi pribadi yang mandiri saat dewasa, maka Moms harus mulai melatih kemandiri Si Kecil sejak dini.

Misalnya dengan membiarkan Si Kecil untuk melakukan segala rutinitas hariannya dengan seorang diri tanpa adanya bantuan dari Moms dan Dads.

Seperti Si Kecil harus bisa mandiri sendiri, makan sendiri, membereskan mainan sendiri, dan aktivitas lainnya yang dapat mengasah kemandirian Si Kecil.

Meskipun pada dasarnya hal itu tidak mudah diterapkan, tapi jika Moms membiasakannya, maka Si Kecil pun akan terlatih seiring berjalannya waktu.

Nah, agar Si Kecil dapat melatih kemandiriannya secara maksimal, menurut psikolog Dra. Rahmita P. Soendjojo, Psi., dosen luar biasa, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Universias Negeri Jakarta, memberikan 8 rambu yang dapat Moms terapkan.

Lantas, apa sajakah yang termasuk 8 rambu tersebut? Yuk, simak penjelasan ini, Moms.

Pertama yaitu mulailah meminta Si Kecil untuk menggunakan perlengkapan yang mudah dikenakan seperti topi, kaus kaki, sepatu, celana, kemudian baju.

Kemudian yang kedua adalah berikan penjelasan dengan kalimat sederhana yang mudah dipahami Si Kecil.

Sampaikan langkah demi langkah yang harus dilakukan pada Si Kecil, lakukan penekanan pada kata-kata yang berkaitan dengan anggota badan dan pakaian Si Kecil.

Misalnya, sebelum kaus kaki dimasukan ke kaki, gulung terlebih dahulu, kemudian tarik.

Halaman
123
Editor:
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved