BPJS Ketenagakerjaan Berikan Santunan Perlindungan Rp 24 Juta

BPJS ketenagakerjan cabang Manado akan adakan sosialisasi sekaligus penyerahan santunan perlindungan Rp 24 Juta

BPJS Ketenagakerjaan Berikan Santunan Perlindungan Rp 24 Juta
TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Kepala cabang BPJS Ketenagakerjaan Manado (paling kiri) 

Laporan Wartawan Tribun Manado Christian Wayongkere

Manado, Tribunmanado.co.id - Kepala cabang BPJS ketenagakerjan cabang Manado Tri Chandra Kartika ‎menjelaskan, program perlindungan jaminan sosial tenaga kerja lintas Agama di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) merupakan tanggung jawab penuh pemerintah provinsi Sulut.

"‎Untuk awal pemberian kartu kepesertaan kepada muslim yaitu imam, takmil, marbot (ketua-ketua pengajian)," terang Tri.

Program ini juga sudah disosialisasi di gereja dan beberapa mesjid kemudian akan berlanjut diseluruh rumah ibadah di 12 dedominasi agam di Sulut.

Diakhir bulan nanti pihak BPJS ketenagakerjaan akan adakan sosialisasi serupa dan direncanakan akan dihadiri oleh pak gubernur Sulut Olly Dondokambey, sekaligus penyerahan santunan kepada mereka peserta yang meninggal.

"Perorang dibebankan dasar upah 5.400/bulan, jika meni‎nggal mendapat santunan perlindungan rp 24 juta rupiah. Jika meninggal kecelakaan kerja akan mendapatkan 48 bulan upah ditambah biaya pemakaman rp 3 juta dan santunan berkala selama 24 bulan senilai rp 4.800.000. Jika memiliki anak masih dalam usia sekolah akan mendapatkan beasiswa," urainya.

Program ini sendiri oleh BPJS ketemagakerjaan cabang Manado dan pemerintah Provinsi, akan menambahkan kepersertaan dari 35 ribu ke 50 ribu dengan tambahan 15 ribu.

"Tahun 2019 akan dituntaskan menadi 100 ribu," tambahnya.

Gagasan dan ide program ini muncul ketika BPJS ketenagakerjaan melakukan hearing atau rapat dengar pendapat dengan pemerintah provinsi, mendapati para pekerja lintas agama adalah pekerja sosial. Dan oleh sebab itu pemerintah menindaklanjuti dengan menganggarkan jaminan untuk mereka.

"Sulut satu-satunya provinsi yang melakukan hal ini," tandasnya.

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Ferra Faradila Rizki
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved