Breaking News:

Barang yang Belum Dikembalikan Roy Suryo Rp 9 M

Menteri Pemuda dan Olahraga (Mempora) Imam Nahrawi mengungkapkan nilai barang milik negara yang belum dikembali mantan

Penulis: Tim Tribun Manado | Editor: Lodie_Tombeg
KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA
Roy Suryo 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOGOR - Menteri Pemuda dan Olahraga (Mempora) Imam Nahrawi mengungkapkan nilai barang milik negara yang belum dikembali mantan Menpora Roy Suryo mencapai Rp 9 miliar.

"Enggak sampai (ratrusan miliar rupiah). Setahu saya Rp 8 miliar sampai Rp 9 miliar," ungkap Imam saat berada di Istana Kepresidenan Bogor, Jakarta, Jumat (7/9) kemarin.

Sebelumnya, Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto membenarkan pihaknya telah melayangkan surat kepada mantan Menpora Roy Suryo tertanggal 1 Mei 2018.

Surat tersebut berisi permintaan pengembalian aset BMN (barang milik negara) milik Kemenpora yang pernah digunakan atau dibawa oleh mantan Menpora Roy Suryo. Dalam surat itu, diketahui ada 3.226 item barang milik negara yang harus dikembalikan oleh mantan Menpora asal Partai Demokrat tersebut.

Menurut Imam, surat permintaan pengembalian barang milik negara‎ kepada Roy itu merujuk pada temuan dari laporan hasil audit Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) untuk keuangan Kemenpora pada 2016. Dan pihak BPK selaku pemeriksa juga telah melayangkan surat berisi permintaan pengembalian aset tersebut kepada Roy Suryo.

"Pokoknya kami menerima hasil BPK, angka itu kami dapatkan dari pemeriksaan. ‎Saya berharap betul supaya diselesaikan agar tidak ada yang mengganjal pemeriksaan kami di masa yang datang," ujarnya.

Menurut Imam, salah satu item barang yang harus dikembalikan oleh Roy Suryo adalah kamera."Saya tidak detil, kamera saja yang saya ingat," ucap Imam.

Kemenpora sendiri telah menerima sebagian barang dari Roy Suryo. Barang-barang itu senilai Rp 500 juta. Namun, masih banyak item barang yang belum dikembalikan oleh Roy Suryo.

Imam berharap Roy Suryo bisa secepat mungkin mengembalikan seluruh item barang milik negara tersebut agar tidak terjadi polemik berkepanjangan. "Ya dikembalikan sampai kapanpun, dan segeralah ditindaklanjuti dengan baik tanpa banyak polemik dan tidak ada yang mengganjal pemeriksaan kita di masa yang datang," kata Imam.

Sementara itu, Imam menyatakan pihaknya siap menghadapi jika benar Roy Suryo melayangkan somasi ke Kemenpora atas masalah permintaan pengembalian barang-barang Kemenpora ini. Yang jelas, lanjut Imam, sejauh ini Kemenpora belum menerima surat somasi dari Roy Suryo.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved